Upah Buruh

Hari ini, Ribuan Buruh Siap Duduki Balai Kota, Kawal Penetapan UMP

Penentuan jumlah Upah Minimin Provinsi (UMP) Jakarta, akan dilakukan oleh Dewan Pengupahan Jakarta, pada hari ini, Rabu (28/10/2015).

Hari ini, Ribuan Buruh Siap Duduki Balai Kota, Kawal Penetapan UMP
Warta Kota/Dwi Rizki
Sejumlah buruh yang turun ke jalan, Rabu (28/10/2015). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Penentuan jumlah Upah Minimin Provinsi (UMP) Jakarta, akan dilakukan oleh Dewan Pengupahan Jakarta, pada hari ini, Rabu (28/10/2015).

Besaran UMP dilakukan, dengan formula lama, yaitu berdasarkan hasil survey KHL (Kebutuhan Hidup Layak) yang pada tahun ini sebesar Rp 2.980.204. Sementara, jumlah UMP 2015 sebesar Rp 2,7 juta.

Formula yaang digunakan, adalah, jumlah KHL ditambah dengan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Pimpinan Kolektif Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Ilhamsyah, mengatakan, pihaknya akan menurunkan ribuan buruh untuk mengawal penetapan UMP tersebut.

"Kami diturunkan sebanyak 30.000 orang untuk memantau penetapan UMP tersebut, di Balai Kota," kata Ilhamsyah, Rabu (28/10/2015).

Dalam penetapan UMP itu, pihaknya akan tetap meminta kenaikan UMP minimal 25 persen. Jumlah tersebut, sesuai dengan berdasarkan kualitas komponen KHL.

"Kami tetap minta kenaikan UMP minimal sebesar 25 persen. Kami sudah pertimbangkaan kualitas yang lebih dari komponen KHL," tegasnya.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved