Sepotong Biskuit Peninggalan Titanic Ini Terjual dengan Harga Rp 300 Juta

Sejumlah kolektor berebut untuk mendapatkan koleksi peninggalan Titanic, yang tenggelam karena menabrak gunung es, sebuah biskuit berharga £15.000.

Sepotong Biskuit Peninggalan Titanic Ini Terjual dengan Harga Rp 300 Juta
The Independent
Sejumlah kolektor berebut untuk mendapatkan koleksi peninggalan Titanic, yang tenggelam karena menabrak gunung es, di antaranya sebuah biskuit, yang berharga £15.000 atau sekitar Rp 300 juta.. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Sebuah foto gunung es di laut, yang dipercaya sebagai gunung es yang ditabrak oleh kapal Titanic, laku terjual dengan harga fantastis 21.000 poundsterling.

Dengan kurs 1 poundsterling Rp 20.000, maka jika dikurs dengan nilai rupiah, foto itu bernilai Rp 420.000.000.

Sedangkan biskuit paling berharga di dunia, The Spillers and Bakers Pilot cracker, yang laku dengan harga £15.000 (Rp 300 juta).

Sebuah perhelatan memorabilia Titanic telah berlangsung di samping adanya koleksi biskuit dan foto gung es yang telah menenggelamkan kapal pesiar tersebut.

Sebagaimana dikutip Warta Kota dari The Independent, yang mengutip BBC, Senin (26/10/2015), menyatakan, ‎memorabilia Titanic itu dilaksanakan di Henry Aldridge & Son di Devizes, Wiltshire, juga memperlihatkan sebuah cangkir, yang dipersembahkan untuk kapten kapal Carpathia, yang menyelamatkan sejumlah korban selamat di laut yang udaranya membeku itu, dijual dengan harga £129.000.



Menurut kurator, ketertarikan kolektor terhadap benda-benda berharga dari Titanic menjadi bukti betapa luar biasanya kapal Titanic, yang menjadi salah satu tragedi terbesar sepanjang sejarah.

"Apa yang ditunjukkan dalam perhelatan memorabilia ini menjadi bukti terhadap imajinasi para kolektor yang memang tergila-gila pada barang-barang antik," kata Andrew Aldridge.

Cerita tentang biskuit yang utuh itu juga menjadi bukti penting di mana seorang penumpang di kapal Carpathia, James Fenwick, telah mengambil sebuah biskuit di kapal sekoci dengan memasukkannya ke sebuah amplop.

Amplop berisi biskuit itu bertuliskan sebuah pesan, "Pilot biscuit from Titanic lifeboat April 1912”.

Tidak disangka, koleksi itu menjadi barang berharga mahal, apalagi biskuit dan sejumlah memorabilia termasuk cangkir dan foto gunung es itu masih terjaga dan tersimpan dengan rapi dan terawat.

Karena itu, tidak mengherankan kalau semua barang berharga itu dihargai sangat mahal karena bernilai dan sangat istimewa.

Butuh kehati-hatian untuk merawat sejumlah barang berharga tersebut.

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved