Fasilitas RO Rusak, Warga Kepulauan Seribu Kekurangan Air

Warga Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Lancang, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, ‎mengeluhkan kekurangan air bersih.

Fasilitas RO Rusak, Warga Kepulauan Seribu Kekurangan Air
Warta Kota/nur ichsan
Ilustrasi : Warga Kota Tangerang dapat suplai air bersih saat musim kemarau pada Kamis (30/7/2015). 

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU - Warga Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Lancang, Pulau Pari, Kepulauan Seribu, ‎mengeluhkan kekurangan air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari selama tiga minggu terakhir.

Pasalnya fasilitas reverse osmosis‎ (RO) di pulau besar tersebut‎ banyak yang mengalami gangguan dan kerusakan karena kurang dirawat oleh Suku Dinas Tata Air Kepulauan Seribu.

Salah seorang warga, Syamsul (56)‎ mengatakan masyarakat mengalami kekurangan air bersih selama hampir sebulan sehingga harus mengantri di lokasi RO.

"Jaringan pipa air RO ke rumah-rumah warga yang selama ini sudah kecil, akhirnya tidak menyala sama sekali karena kerusakan pada salah satu komponen filter," ujar Syamsul, Sabtu (23/10/2015).

Untuk memperoleh air bersih, Syamsul harus mengantri dengan puluhan warga lainnya dengan membawa jerigen untuk menampung air bersih.

Selain itu ia juga harus menunggu selama setengah jam karena air yang keluar sangat sedikit.

"Harapan kami pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki RO. Kalau kami harus membeli air dari daratan, enggak mungkin karena mahal banget ongkos transportasinya," kata Syamsul.

 Tak sesuai standar prosedur

Menanggapi hal itu, Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo, mengatakan, kerusakan RO (reverse osmosis) itu disebabkan karena perawatan yang dilakukan oleh instansi terkait, tidak sesuai standar prosedur dan jadwal perawatan yang seharusnya dilakukan.

"RO itu kan ada beberapa jenis filter dan itu harus dicek setiap beberapa bulan. Tapi ternyata RO, yang sudah waktunya servis, tidak diservis. Sehingga volume air yang keluar lebih kecil dibandingkan kondisi normal," kata Budi Utomo.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved