Breaking News:

Sudinparbud Jakbar Menggelar Lomba Pembuatan Souvenir

Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menggelar lomba membuat souvenir di Gedung Seba Guna Ali Sadikin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat.

Andika Panduwinata
Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi (batik merah), Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat, Imron dan jajarannya di Gedung Seba Guna Ali Sadikin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Jumat (23/10/2015). 

WARTA KOTA, KEMBANGAN - Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menggelar perlombaan pembuatan souvenir. Perhelatan itu diselenggarakan di Gedung Seba Guna Ali Sadikin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Jumat (23/10/2015).

Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi berharap kegiatan ini dapat bermanfaat besar bagi peserta dan juga orang banyak. Pasalnya karya souvenir yang dibuat peserta lomba dapat memiliki nilai jual dan menambah pendapatan.

Dalam perlombaan ini diikuti oleh puluhan peserta. Mereka yang mendaftarkan diri terdiri dari mahasiswa dan masyarakat.

"Biasanya yang buat souvenir ini adalah masyarakan kecil yang nantinya bisa dijadikan penghasilan tambahan. Diharapkan juga sebagai sumber pendapatan," ujar Anas Efendi di Kantor Wali Kota Jakarta Barat pada Jumat (23/10/2015).

Hal senada disampaikan dengan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat, Imron. Imron menyatakan pagelaran ini dapat membangun dan menjual kreatifitas masyarakat.

"Hasil kreatifitas terbaik nantinya bisa meningkatkan kehidupan masyarakat dalam segi ekonomi. Nantinya hasil karya terbaik mereka akan diproduksi dalam jumlah besar dan menjadi souvenir bagi para tamu yang berkunjung ke Jakarta Barat," ucap Imron.

Anas pun menimpali bahwa di setiap wilayah memiliki keanekaragaman budaya seperti pakaian, makanan, kesenian, dan lain - lainnya. Namun di daerah Jakarta Barat belum memiliki suatu budaya yang mempunyai ciri kekhasan.

"Kita belum punya bentuk budaya yang menjadi ciri khas Jakarta Barat. Kalau di Jakarta Selatan kan ada Setu Babakan. Tapi di Jakarta Barat punya ikan cupang dan anggrek dendrubium," ungkap Anas.

Imron pun mengatakan bahwa dalam perlombaan pembuatan souvenir hari ini akan disajikan paduan ikan cupang serit dan anggrek dendrubium. Menurutnya hasil karya peserta yang berhasil memenangkan lomba pembuatan souvenir tahun 2015 berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kami akan memacu agar hasil karya yang menang bisa dipasarkan. Sehingga akan lahir sebuah souvenir yang menjadi kenangan apabila berkunjung ke Jakarta Barat," kata Imron. (Andika Panduwinata)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved