Transportasi Jakarta

292 Perlintasan Kereta di Jakarta Tidak Dijaga

Sebanyak 292 perlintasan kereta di wilayah DKI Jakarta merupakan perlintasan liar dan juga tanpa penjaga.

Antaranews.com
Perlintasan kereta api 

WARTA KOTA, PALMERAH— Sebanyak 292 perlintasan kereta di wilayah DKI Jakarta merupakan perlintasan liar dan juga tanpa penjaga.

"Di wilayah DKI ada 533 perlintasan, dan 292 di antaranya merupakan perlintasan liar," kata Ketua Indonesia Railway Preservation Society (IRPS), komunitas pelestari kereta api, Budi B S, di Jakarta, Kamis.

Dari 292 perlintasan liar, sebanyak 106 perlintasan tidak memiliki penjaga sedangkan 186 lain dijaga oleh warga setempat.

Selain itu, sebanyak 158 perlintasan kereta dijaga oleh PT KAI, 53 perlintasan berizin namun dijaga oleh pihak luar, dan 48 lokasi lainnya sudah dibangun jembatan layang atau fly over dan under pass.

Menurut Budi, kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan kereta api sering terjadi di perlintasan dengan intensitas lalu lintas yang tinggi.

Budi mengatakan seringnya terjadi kecelakaan di perlintasan kereta dikarenakan perilaku pengendara yang kurang disiplin dalam perjalanan.

"Kurang tertib dan disiplinnya masyarakat sebenarnya karena pengaruh mental. Karena kondisi lalu lintas DKI yang sudah macet, pengendara terburu-buru sehingga ada halangan sedikit diterobos," kata Budi.

Berdasarkan keterangan Budi, kecelakaan yang terjadi di perlintasan kereta paling banyak terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Lebih banyak korban pengendara sepeda motor, mobil ada juga tapi tidak banyak," jelas dia. (Antara)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved