Breaking News:

Kualifikasi Piala Eropa 2016

Laga Terakhir Vicente del Bosque Bela Spanyol

Spanyol akan bertandang ke Kiev untuk menghadapi Ukraina, Selasa (13/10) dini hari WIB.

Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Foto: AFP; Grafis: Agus Rijanto
Preview laga Spanyol vs Ukraina, Selasa (13/10) dini hari WIB. 

WARTA KOTA, KIEV - Kualifikasi Piala Eropa 2016 memasuki fase terakhir. Beberapa tim sudah memastikan diri lolos ke putaran final di Perancis tahun depan, salah satunya Spanyol.

Spanyol lolos ke Piala Eropa 2016 sebagai juara Grup C. Pada pertandingan pamungkas, La Furia Roja akan bertandang ke Kiev untuk menghadapi Ukraina, Selasa (13/10) dini hari WIB.

Meski sudah lolos, Tim Matador jelas tak mau ‘melepas’ kemenangan begitu saja ke tangan Ukraina.

Melanjutkan kemenangan tanpa kebobolan yang sudah mereka dapatkan selama delapan laga beruntun, bakal menjadi motivasi skuat besutan Vicente del Bosque di pertandingan ini.

Sosok yang bakal menjadi sorotan pada laga ini adalah Vicente del Bosque. Masa depan pria berumur 64 tahun ini sedang menjadi spekulasi. Del Bosque disebut-sebut bakal mundur, atau dipecat oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) usai laga kontra Ukraina ini.

Josep ‘Pep’ Guardiola Sala, pelatih Bayern Munchen, santer diberitakan bakal menggantikan peran Del Bosque, demi membawa misi Spanyol juara Piala Eropa 2016.

“Ini bukan waktu yang tepat untuk berbicara apakah saya akan terus menjadi pelatih Spanyol atau tidak. Masih banyak waktu sebelum Euro, dan saya punya waktu banyak untuk berpikir,” kata Del Bosque usai membawa timnya menang telak 4-0 atas Luksemburg, Sabtu (10/10).

Menukangi Spanyol sejak 2008, prestasi Del Bosque mengilap, bahkan bisa dikatakan nyaris sempurna. Dalam sentuhan tangan dinginnya, Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010, dan mempertahankan trofi Piala Eropa pada 2012.

Namun, penampilan Spanyol babak belur pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Mereka langsung tersingkir di babak penyisihan grup, tanpa pernah menang.

La Furia Roja lantas berbenah. Kini, mereka sudah memenangkan delapan dari sembilan laga kualifikasi Piala Eropa 2016.

Bakal tampil tanpa David Silva dan Alvaro Morata yang cedera di laga terakhir, Spanyol masih punya sederet amunisi yang kualitasnya tak kalah cemerlang. Di atas kertas, Spanyol masih sanggup menundukkan Ukraina di Kiev.

Di sisi lain, Ukraina bakal melakoni laga menentukan kala menjamu Spanyol.

Ukraina saat ini memiliki poin 19, sama dengan Slovakia yang menghuni peringkat dua klasemen sementara Grup C.

Ukraina kalah head to head dari Slovakia, dan dipastikan finis minimal di peringkat tiga (playoff). Untuk lolos otomatis bersama Spanyol, Ukraina harus meraih hasil lebih baik saat melawan Spanyol, ketimbang Slovakia yang akan bertandang ke Luksemburg di saat yang sama.

Artinya, nasib Ukraina tergantung pada hasil yang didapatkan Slovakia di kandang Luksemburg. (pen)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved