Breaking News:

Usai Kebakaran, Kios JP Poncol Belum Akan Dibangun

Sudin KUKMP belum dapat memastikan adanya rencana pembangunan kios, dikarenakan belum ada anggaran untuk perbaikan maupun membangun kios baru.

Usai Kebakaran, Kios JP Poncol Belum Akan Dibangun
Warta Kota/Dwi Rizki
Sedikitnya 15 kios binaan milik Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) Jakarta Pusat atau lebih dikenal dengan nama JP Poncol, Jalan Kalibaru Timur, Bungur, Senen, Jakarta Pusat, terbakar Senin (9/10) pagi.

WARTA KOTA, GAMBIR - Terbakarnya sejumlah kios binaan milik Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) Jakarta Pusat atau lebih dikenal dengan nama JP Poncol, Jalan Kalibaru Timur, Bungur, Senen, Jakarta Pusat tadi pagi, Senin (9/10) menyebabkan seluruh aktivitas usaha pedagang terhenti.

Pasalnya, tidak hanya menghanguskan seluruh bangunan kios, sejumlah barang milik pedagang pun habis dilalap si jago merah.

Menanggapi hal tersebut, Kasudin KUKMP Jakarta Pusat, Bangun Richard mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan pada lokasi JP 37 dan JP 38 itu pada Jumat (9/10) siang.

Seluruh aset, termasuk kios dan barang milik pedagang didata dan dihitung pihaknya secara keseluruhan.

Namun, lanjutnya, dirinya belum dapat memastikan adanya rencana pembangunan kios, dikarenakan belum ada anggaran untuk perbaikan maupun membangun kios baru.

"Tapi untuk kelangsungan usaha, penyewa bisa merehab sendiri kiosnya, walaupun memang tidak diperbolehkan. Tapi, bangunan tidak diperbolehkan untuk dibangun permanen," jelasnya kepada Warta Kota, Jumat (9/10) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda kios binaan milik Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) Jakarta Pusat atau lebih dikenal dengan nama JP Poncol, Jalan Kalibaru Timur, Bungur, Senen, Jakarta Pusat tadi pagi, Senin (9/10).

Api yang sempat membesar itu diungkapkan, Kasi Operasi Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Muchtar Zakaria diketahui bermula dari kios sablon nomor 179 atau 180 yang terletak pada bagian ujung JP 37 dan 38 itu pada sekira pukul 06.30 WIB.

Tercatat, sedikitnya ada sebanyak 15 unit kios semi permanen yang hangus terbakar.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, hanya saja seluruh kios yang berupa kios percetakan, sablon dan sayur mayur itu kini hangus tidak bersisa.

"Dugaan penyebab kebakaran sementara dipicu oleh hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam dengan mengerahkan sebanyak 24 unit mobil pemadam kebakaran," jelasnya kepada Warta Kota, Jumat (9/10).

Hingga kini, pihak Sudin KUKMP Jakarta Pusat telah melakukan peninjauan.

Belum diketahui berapa total kerugian yang dialami pengusaha, namun ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (dwi)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved