Breaking News:

Musibah Mina

Sekitar 1.800 Jenazah Dimakamkan di Al-Mu'ashim Mekkah

Sekitar 1.800 jenazah yang diduga korban peristiwa Mina telah dimakamkan otoritas Arab Saudi di lokasi tidak jauh dari pemulasaran mayat, Al-Mu'ashim.

alriyadh.com
Sejumlah korban tewas dalam insiden Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9/2015) pagi waktu setempat saat pelemparan jumroh. 

WARTA KOTA, MEKKAH - Sekitar 1.800 jenazah yang sebagian besar diduga sebagai korban dalam peristiwa Mina telah dimakamkan otoritas Arab Saudi di lokasi tidak jauh dari pemulasaran mayat, Al-Mu'ashim, Mekkah.

"Sudah 1.800 jenazah dimakamkan di Al-Mu'ashim," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Arsyad Hidayat di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (4/10/2015).

Dari jumlah tersebut, jamaah Indonesia yang menjadi korban meninggal dalam peristiwa Mina, kata dia, juga dimakamkan di tempat tersebut.

Pemakaman korban Mina dilakukan secepatnya, mengingat jenazah sudah berusia lebih dari satu minggu dan dikhawatirkan akan menimbulkan wabah.

Sampai Minggu pukul 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak 100 jamaah Indonesia ikut menjadi korban meninggal dalam peristiwa Mina.

Sebanyak 95 orang merupakan jamaah haji yang berangkat dari Tanah Air dan lima orang merupakan WNI yang bermukim di Arab Saudi.

Sejauh ini otoritas Arab Saudi telah melansir 2.000 foto jenazah yang berada di pemulasaran mayat Al-Mu'ashim.

Namun diperkirakan tidak semua merupakan korban dalam peristiwa Mina, mengingat sampai saat ini pihak Arab Saudi masih mengumumkan korban meninggal sekitar 700 orang.

Konsuler Jenderal RI (KJRI) di Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra mengatakan, jumlah foto jenazah yang dirilis Pemerintah Arab Saudi mungkin saja tidak sama dengan jumlah korban insiden Mina.

Alasannya, sekitar 2.000 tersebut mengacu pada nomor file jamaah haji yang wafat dari berbagai rumah sakit di Arab Saudi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved