Yuk Minum Kopi Gratis Untuk Peringati Hari Kopi Sedunia

Pemerintah menggelar minum kopi gratis di Gedung Kementerian Perindustrian Jl. Gatot Subroto, Jakarta pada pukul 10.00-15.00 WIB

Yuk Minum Kopi Gratis Untuk Peringati Hari Kopi Sedunia
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Pemerintah menggelar minum kopi gratis di Gedung Kementerian Perindustrian Jl. Gatot Subroto, Jakarta pada pukul 10.00-15.00 WIB dalam rangka pencanangan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober.

"Sebanyak 74 negara anggota International Coffee Organization (ICO) dan 26 asosiasi kopi seluruh dunia menyelenggarakan perayaan resmi pertama hari kopi sedunia," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta, Kamis.

Perayaan yang menghadirkan berbagai kopi khas Tanah Air tersebut merupakan rangkaian dari World Expo Milano 2015 di Milan, Italia.

Menurut Menperin, banyak negara di dunia sebelumnya merayakan hari kopi nasional di berbagai tanggal sepanjang tahun.

Untuk itu, pada Sidang ICO Maret 2014, negara-negara anggota ICO sepakat mengatur perayaan pertama Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2015 untuk membuat satu hari perayaan bagi pencinta kopi seluruh dunia.

Di Indonesia, perayaan tersebut digelar oleh Kemenperin, Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan yang bekerja sama dengan beberapa asosiasi kopi.

Berbagai asosiasi tersebut adalah Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) dan Asosiasi Kopi Luwak Indonesia (AKLI).

Rangkaian acara diawali dengan pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia oleh Menperin dan dilanjutkan kegiatan diskusi interaktif tentang pengembangan sektor perkopian ke depan untuk menyerap aspirasi para pemangku kepentingan perkopian.

Perayaan tersebut juga dilakukan di beberapa daerah, yang diharapkan menjadi momentum untuk mengembangkan kesadaran masyarakat perkopian di Indonesia untuk mencintai kopi nusantara. (Antara)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved