Rumus Jam 9-3 Bikin Aman Berkendara, Ini Caranya

Saat melakukan olah kemudi, usahakan gunakan teknik push and pull

Rumus Jam 9-3 Bikin Aman Berkendara, Ini Caranya
ilustrasi

PALMERAH, WARTA KOTA- Tak banyak pengendara menyadarai bahwa posisi menyetir mobil mempengaruhi tingkat keselamatan berkendara.

Meskipun hal itu sepele posisi tangan memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Maka dari itu, harus diperhatikan betul bagaimana posisi yang benar.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, posisi tangan yang benar dan seharusnya dilakukan, yaitu tangan kiri menggenggam kemudi pada posisi pukul 9, kemudian tangan kanan menggenggam kemudi di posisi pukul 3.

"Ini merupakan posisi dasar atau kuda-kuda tangan pada kemudi dengan rumus 9 dan 3. Posisi ini juga membuat kontrol akan kendaraan akan baik," ujar Marcell kepada Otomania, Rabu (30/9/2015).

Marcel melanjutkan, saat melakukan olah kemudi, usahakan gunakan teknik push and pull.

Maksudnya, ketika akan berbelok ke kanan, maka yang perlu dilakukan adalah pindahkan tangan kanan ke posisi jam 12 di kemudi, kemudian tarik ke posisi jam 6, lalu dilanjutkan dengan tangan kiri mendorong dari posisi jam 6 ke posisi jam 12 kemudi.

Hindari posisi tangan menyilang di atas kemudi ketika berkendara. Bila terjadi benturan, maka posisi ini bisa mengakibatkan cedera.

"Jadi perhatikan baik-baik posisi tangan pada saat berkendara sehingga kontrol terhadap mobil semakin sempurna dan bisa terhindar dari cedera," tutur Marcell.

Teknik Menyalip
Pengendara juga perlu mengetahui cara dan etika ketika ingin mendahului kendaraan lain, setiap pengendara juga harus mengerti bagaimana sikap saat disalip kendaraan lain.

Halaman
12
Editor: Tri Broto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved