Fakultas Farmasi UI Gelar Pameran Hasil Riset Inovatif

Fakultas Farmasi UI menggelar pameran hasil riset inovatif dan hasil riset farmasi sebagai wadah bagi para peneliti menampilkan hasil risetnya.

Tribunnews.com/Herudin
Logo Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/1/2014). 

WARTA KOTA, DEPOK - Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) menggelar pameran hasil riset inovatif dan hasil riset farmasi sebagai wadah bagi para peneliti menampilkan hasil risetnya.

"Tahun ini, tercatat tiga perusahaan farmasi besar nasional bekerja sama dengan Fakultas Farmasi UI dalam upaya komersialisasi produk riset," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti di Kampus UI Depok, Kamis (1/10/2015).

Bebarapa produk inovatif yang akan dipamerkan, di antaranya gel anestetik bunga cengkih, inkubator bayi, kursi stroke, dan vaksin carier.

Rifelly Dewi Astuti memandang perlu mengangkat lebih banyak lagi para peneliti dari comfort zone dan mempertemukan mereka dengan para pelaku usaha, sebagai langkah menuju pemanfaatan hasil riset semaksimal mungkin agar menyentuh masyarakat, salah satunya melalui pameran ini.

"Sebagai institusi pendidikan telah menjadi wadah bagi kegiatan riset yang berperan besar pada terciptanya inovasi di bidang kesehatan, capaian publikasi internasional oleh staf Farmasi UI dari waktu ke waktu makin membanggakan," ujar Rifelly Dewi Astuti.

Rifelly Dewi Astuti mengatakan, publikasi staf Fakultas Farmasi UI mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014, rasio publikasi terhadap dosen adalah 0.6, artinya lebih dari setengah staf menghasilkan satu publikasi internasional per tahun.

Pada tahun ini, Farmasi UI juga telah meluncurkan buku Direktori Jurnal internasional di Bidang farmasi dan Buku Profil Periset Farmasi UI 2015. Riset di bidang ilmu kefarmasian memiliki keunggulan, yakni tidak hanya basic-research, namun juga product-based research.

Terdapat banyak hasil riset berupa produk dengan sentuhan teknologi farmasi yang sangat potensial yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

"Diharapkan kegiatan ini mampu menjadi awal yang baik bagi peneliti di bidang kesehatan, khususnya Farmasi UI untuk tampil dalam mengatasi permasalahan bangsa," kata Rifelly Dewi Astuti. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved