Mabes Polri Endus Sindikat Penjual Hewan Langka di Palembang

Bareskrim meringkus Yusuf Supriadi, penjual hewan langka di Bogor. Yusuf ternyata terhubung dengan sindikat besar penjual hewan langka di Palembang.

Mabes Polri Endus Sindikat Penjual Hewan Langka di Palembang
Warta Kota/Soewidia Henaldi
Hewan langka Surili yang tadinya akan diperjualbelikan. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Bareskrim Mabes Polri meringkus Yusuf Supriadi (23), penjual hewan langka di Bogor, Jawa Barat. Setelah ditelusuri, Yusuf ternyata terhubung dengan sebuah sindikat besar penjualan hewan langka di Palembang.

"Kami memang mendeteksi di Palembang ini ada sindikat besar penjualan hewan langka," ucap Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Mabes Polri, Ajun Komisaris Besar Sandi Nugroho‎ ketika dihubungi Warta Kota, Rabu (30/9/2015).

Yusuf, kata Sandi, diringkus di sebuah tempat di Jalan Raya Pemda, Kedunghalang, RT 04 RW 12, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di rumah itu, kata Sandi, pihaknya menemukan 10 ekor anak elang, empat ekor elang dewasa, dan lima ekor anak Macan Dahan.

"Dia mengaku mendapatkan semua hewan langka itu dari Palembang," ucap Sandi. ‎

Dari beberapa penangkapan sebelumnya, para pelaku juga selalu menyebut memesan hewan langka dari sindikat yang ada di Palembang itu.

Sehingga orang-orang seperti Yusuf adalah penjual yang memesan dari sindikat dari Palembang. Lalu menju‎al kembali dengan pemesan-pemesannya yang ada di Jabodetabek.

"Sekarang hewan-hewan itu kami titipkan di BKSDA," kata Sandi.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved