Panti Kedoya Pulangkan PMKS ke Daerah Asal

Sebanyak 3 armada bus diterjunkan guna mengangkut para PMKS tersebut pulang ke daerah asalnya.

Editor: Andy Pribadi
Andika Panduwinata
Sebanyak 3 armada bus diterjunkan guna mengangkut para PMKS tersebut pulang ke daerah asalnya, Selasa (29/9). 

WARTA KOTA, KEBON JERUK - Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memulangkan para PMKS ke daerah asal. Pemulangan tersebut dilakukan di Panti Sosial Bina Insan Kedoya, Jakarta Barat pada Selasa (29/9).

Sebanyak 3 armada bus diterjunkan guna mengangkut para PMKS tersebut pulang ke daerah asalnya.

Mereka diberangkatkan menuju Sub Unit Rumah Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri, Jawa Barat dan Rumah Rehabilitasi Sosial Margo Widodo, Jawa Tengah.

"Ada 120 yang kami pulangkan, 72 orang ke Palimanan, Jawa Barat dan 48 orang ke Jawa Tengah," ujar Kepala TU Panti Sosial Bina Insan Kedoya, Ruminto kepada Warta Kota pada Selasa (29/9).

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Chaidir menjelaskan pemulangan para PMKS ini ke daerah asalnya bertujuan untuk menyelamatkan mereka yang ada di jalan dari situasi menggelandang, mengemis, dan lain sebagainya.

PMKS yang dipulangkan ke daerah asalnya ini dikembalikan kepada keluarga masing - masing. Menurutnya dengan kembalinya PMKS ke pihak keluarga, nasib mereka ke depannya nanti akan lebih baik.

"Masa depan mereka tentu akan lebih baik nantinya, mereka bisa bekerja dengan pekerjaan yang lebih mulia ketimbang mengemis di jalan," ucap Chaidir.

Ia juga menambahkan apabila para PMKS ini berada di lingkungan keluarga, hidupnya akan lebih diperhatikan. Daripada di jalanan Jakarta para PMKS tersebut tak memiliki tempat tinggal dan sanak keluarga.

"Mereka awalnya tergiur dengan gemerlap Jakarta, merasa Jakarta memiliki peluang untuk memperbaiki hidupnya, mereka pun datang ke Jakarta," tuturnya.

Chaidir mengatakan karena tidak memiliki keterampilan dan kemampuan khusus yang dibutuhkan di Jakarta, akhirnya para PMKS ini menjadi gelandangan dan pengemis.

Ruminto menyatakan para PMKS yang dipulangkan ini sudah menandatangani surat pernyataan bermaterai. Surat itu berisikan tentang perjanjian untuk tidak kembali mengemis atau menggelandang di Jakarta.

"Jadi kalau mereka terjaring razia lagi akan berusuran dengan pihak polisi. Sudah tidak masuk ke panti lagi, tapi masuk ke Lembaga Permasyarakatan," katanya.

Ruminto berharap agar para PMKS yang dipulangkan dapat selamat sampai tujuan. Dan bisa bertemu dengan keluarga tercinta serta mendapatkan pekerjaan yang lebih mulia di kampungnya. (Andika Panduwinata)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved