Breaking News:

Alasan Jaksa Pindahkan Wawan ke Lapas Serang

Kejaksaan Agung RI mengaku memiliki pertimbangan yang masuk akal terkait pemindahan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan ke Rutan Serang.

Penulis: | Editor: Suprapto
Tribunnews.com/Dany Permana
Pengusaha Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (memakai rompi tahanan) kembali menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Selasa (19/8/2014). Wawan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi Banten tahun anggaran 2011-2013. 

WARTA KOTA, TANGERANG— Kejaksaan Agung RI mengaku memiliki pertimbangan yang masuk akal terkait permohonan mereka ke Kemenkumham menyoal pindahnya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan ke Rutan Serang.

Diberitakan sebelumnya oleh Warta Kota, Kejaksaan Agung RI membantah tegas adanya unsur politik praktis ihwal pemindahan terpidana kasus suap Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, ke Rutan Serang, Banten.

Wawan dipindah terkait proses persidangan sebagai saksi dalam kasus alat kesehatan Tangsel di Pengadilan Tipikor Serang. Wawan sudah dipindah sejak 22 September kemarin.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung RI, Amir Yanto saat dihubungi pada Selasa (29/9) menuturkan, alasan pemindahan Wawan yang pertama adalah untuk mempermudah Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani kasus alkes Tangsel.

"JPU memiliki kewajiban menghadirkan saksi dalam persidangan. Kendala apapun yang terjadi dalam perjalanan, jelas bisa mengganggu kelancaran sidang.Tugas ini jelas akan lebih mudah jika posisi Wawan berada di kota tempat sidang berjalan," kata Amir.

Amir melanjutkan, perjalanan menjemput dan mengantar Wawan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Serang juga bukanlah hal mudah.

"Selain jaraknya jauh, di jalan pun macet. Masalah keamanan juga ikut dipertaruhkan disini karena semakin jauh jarak, semakin riskan pula keamanannya," katanya.

Aparat pengamanan yang diterjunkan pun, kata Amir, otomatis harus bekerja ekstra.

"Padahal, aparat yang melakukan pengamanan juga memiliki tugas yang lain disamping mengawal penjemputan dan pengantaran Wawan," kata Amir.

Amir pun meyakinkan bahwa jika proses sidang di Pengadilan Tipikor Tangsel sudah selesai, Wawan akan segera dikembalikan ke Lapas Sukamiskin yang notabene merupakan lapas untuk tahanan korupsi.

Untuk diketahui, Komisi III DPR RI mempertanyakan maksud Kejaksaan Agung meminta pemindahan terpidana kasus suap Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, ke Rutan Serang, Banten.

Permintaan ini disinyalir berbau kepentingan politik terkait perhelatan pilkada yang melibatkan orang-orang terdekat Wawan, yakni istri Wawan, Airin Rachmi Diany dalam Pilkada Tangerang Selatan, dan kakak Wawan, Ratu Tatu Chasanah dalam Pilkada Kabupaten Serang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved