Breaking News:

Perpustakaan Belum Jadi Rumah Belajar Siswa

Perpustakaan selayaknya menjadi rumah belajar bagi para pelajar, kata Syarif Bando, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi : Truk Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) di SMPN 49 Kramat Jati, Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, SETIABUDI - Perpustakaan selayaknya menjadi rumah belajar bagi para pelajar. Demikian disampaikan Syarif Bando, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional.

Namun, sejauh ini konsep tersebut belum diterapkan oleh para siswa. Menurutnya, selama ini para siswa belum akrab dengan perpustakaan yang harusnya dijadikan sebagai rumah belajar tersebut.

"Padahal, di perpustakaan tersedia berbagai buku untuk meningkatkan pengetahuan yang mendatangkan manfaat besar untuk para siswa," kata Syarif di Jakarta, Kamis (17/9/2015) sore.

Syarif juga mengatakan perpustakaan selain sebagai rumah untuk bwlajar juga dapat menjadi tempat bagi mereka yang putus sekolah.

"Sehingga, mereka masih bisa mendapatkan ilmu dari buku-buku yang tersedia di perpustakaan," terang Syarif.

Sebagai orang yang terbiasa dengan perpustakaan, ia juga menolak anggapan bahwa perpustakaan hanya sebagai penunjang pendidikan. Baginya, perpustakaan adalah jantungnya pendidikan.

Meski begitu, dirinya meyakini ada perbedaan mencolok antara sekolah sebagai tempat untuk memperoleh pendidikan formal dengan perpustakaan.

"Dalam pendidikan formal terdapat sejumlah batasan, seperti usia, kurikulum, serta ilmu yang bersifat universal," kata Syarif.

Sementara, di perpustakaan, Syarif memandang setiap orang bisa belajar tanpa ada batasan apapun. Bahkan, tambah dia, pengunjung bisa membaca buku apapun semisal tentang potensi yang ada di daerahnya.

"Dengan kata lain, perpustakaan sebenarnya bisa menangani masalah pengangguran karena pembaca bisa menemukan ide dari bacaan yang dibacanya," ujar dia. (Agustin Setyo Wardani)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved