Bank Indonesia: Penjualan Sepeda Motor, Semen Meningkat

Tanda-tanda adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2015 mulai tampak jelas.

Bank Indonesia: Penjualan Sepeda Motor, Semen Meningkat
Tribun Jakarta/Herudin
Bank Indonesia 

WARTA KOTA, PALMERAH - Tanda-tanda adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2015 mulai tampak jelas.

Indikasi sederhananya terlihat dari geliat konsumsi rumah tangga seperti meningkatnya penjualan sepeda motor pada bulan Agustus lalu.

"Selain itu, penjualan semen dan impor barang modal juga meningkat. Ini cermin dari meningkatnya kegiatan investasi," kata sebuah laporan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), Jumat (18/9/2015).

Di sisi domestik, selain konsumsi rumah tangga yang menunjukkan tren positif, roda perekonomian Indonesia mulai bergerak lagi. Investasi pemerintah seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi mulai jalan.

Sebagian proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan tol, pembangkit listrik, dan bendungan telah memasuki tahap konstruksi, kata Bank Indonesia.

Sementara Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) juga melaporkan perkembangan yang cukup menggembirakan.

Gaikindo menyatakan, di tengah tekanan merosotnya kurs Rupiah terhadap dolar AS, penjualan sepeda motor untuk bulan Agustus 2015 meningkat cukup tajam sehingga menjadi 622.089 unit. Bandingkan dengan penjualan
dengan bulan sebelumnya yang baru mencapai 421.838 unit.

Angka penjualan bulan Agustus tercatat paling tinggi selama delapan bulan terakhir tahun 2015 ini.

Masykur, Assisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menyatakan, selain karena hari kerjanya lebih banyak, peningkatan penjualan sepeda motor pada bulan Agustus juga disebabkan karena meningkatnya daya beli masyarakat.

"Awal tahun hingga bulan Juli, pengeluaran masyarakat banyak kesedot karena adanya kenaikan harga BBM, gas, biaya sekolah hingga persiapan Lebaran. Nah, setelah itu mungkin masih ada sisa uang sehingga banyak
orang yang mulai mengganti motornya dengan motor baru," ujar Masykur.

Penulis: z--
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved