Breaking News:

Pilkada Serentak

Pakai Baju, Airin-Ben, Ketua DPRD Tangsel Langgar Etika

Panwaslu Tangsel menegaskan pihaknya tidak menemukan pelanggaran kampanye terselubung apapun pada tanggal 29 Agustus lalu.

Warta Kota/Banu Adikara
Pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie 

WARTA KOTA, TANGERANG - Panwaslu Tangsel menegaskan bahwa berdasarkan hasil rapat pleno soal temuan dugaan kampanye terselubung pasangan petahana nomor urut 3, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie di Pamulang, pihaknya tidak menemukan pelanggaran kampanye terselubung apapun pada tanggal 29 Agustus lalu.

Namun demikian, Panwaslu Tangsel menyimpulkan bahwa ketua tim pemenangan Airin-Benyamin sekaligus Ketua DPRD Tangsel, Mochamad Ramlie melakukan pelanggaran etika karena mengenakan baju bertuliskan Airin-Benyamin.

Ketua Panwaslu Tangsel, Muhammad Taufiq pada Selasa (15/9/2015) menjelaskan bahwa dalam acara gerak jalan tersebut, Ramlie selaku ketua tim pemenangan tidak melakukan ajakan dalam bentuk apapun. Dugaan praktik kampanye di luar jadwal pun tidak terpenuhi.

"Akan tetapi, ada tata etika dan keadilan substansif yang terganggu. Terlapor, yang juga merupakan Ketua DPRD Tangsel, harusnya bisa netral. Tindakan dirinya mengenakan baju tim petahan jelas tidak fair," kata Muhammad Taufiq.

Karenanya, kata Taufiq, pihaknya sudah memberikan rekomendasi ke KPU Tangsel untuk menindaklanjuti perbuatan Ramlie ini.

"Kami sudah koordinasi dengan KPU Tangsel agar segera memberi peringatan dan teguran kepada Ramlie. Kami juga sudah berkomuninasi dengan Badan Kehormatan Dewan Tangsel untuk menegur Ramlie karena hadir di acara dengan kaos calon pasangan petahana," kata Taufiq.

Sementara, untuk temuan dugaan pelanggaran Panwaslu Tangsel lainnya, yakni stiker lunas PBB dengan foto Airin-Benyamin, Taufiq mengatakan bahwa temuan tersebut masih dalam proses.

"Masih ada satu orang lagi yang harus kami mintai keterangannya. Setelah itu baru akan kami umumkan apakah itu bisa dikategorikan sebagai pelanggaran atau tidak," kata Muhammad Taufiq.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved