Tips Kesehatan

Konsumsi Ikan Bisa Cegah Depresi Lho

Para peneliti telah menemukan cara yang cukup praktis untuk mengurangi tingkat stres maupun depresi, yaitu jangan lewatkan ikan dalam menu makan

Konsumsi Ikan Bisa Cegah Depresi Lho
Shutterstock
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH— Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi stres dan merasa lebih bahagia, mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga rutin, hingga berkonsultasi dengan orang yang tepat. Namun, para peneliti telah menemukan cara yang cukup praktis untuk mengurangi tingkat stres maupun depresi, yaitu jangan lewatkan ikan dalam menu makan Anda hari ini.

Dr Majid Fotuhi, seorang direktur medis dari NeuroGrow Brain Fitness Center di Virginia, memaparkan, “asam lemak omega-3 pada ikan memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi peradangan, ini menjadi modal penting dalam upaya meningkatkan mood hingga mengurangi depresi.”

Asam lemak omega-3 juga memiliki andil dalam pengaturan dopamin dan serotonin. Dopamin sendiri merupakan neotransmitter pada otak yang membantu mengontrol rasa puas, senang, bahagia, dan sejenisnya. Sedang serotonin juga memiliki fungsi serupa, yaitu membantu memperbaiki suasana hati, mengurangi kesedihan, maupun depresi.

Pernyataan tersebut juga didukung dengan studi terbaru yang dikeluarkan oleh Journal of Epidemiology & Community Health. Awalnya, para peneliti ingin melihat lebih dalam apa saja pengaruh seringnya mengonsumsi ikan. Kemudian mereka menganalisis sekitar 26 studi observasi tahun 2001 hingga 2014, dengan topik keterkaitan makan ikan dengan depresi yang melibatkan sekitar 150.000 orang. Hasilnya?

Seseorang yang sering makan ikan memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena stres berat atau depresi ketimbang mereka yang jarang atau sama sekali tak makan ikan.

Beberapa tahun yang lalu, hubungan antara diet sehat dan depresi memang masih menjadi topik kontroversial. Namun belakangan, penelitian membuktikan hasil yang berbeda. Menu sehat seperti ikan, buah, serta sayur ternyata memiliki andil cukup banyak dalam mencegah terjadinya stres berlebih yang menyebabkan depresi. Akhirnya, akan membantu Anda untuk lebih mudah merasa bahagia setiap harinya. (Ayunda Pininta)

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved