Rusunawa

Ahok Bangun Rusun Berdasi di Kemayoran

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal membangun rumah susun di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ahok Bangun Rusun Berdasi di Kemayoran
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama wawancara wartawan seusai memberi sambutan dalam Seminar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kekuatan Perempuan, Inspirasi Perubahan , di Balai Agung, Balai Kota, Selasa (15/9/2015). 

WARTA KOTA, PALMERAH— Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bakal membangun rumah susun di Kemayoran, Jakarta Pusat. Pembangunan atau perubahan ini akan dilakukan seusai Kampung Atlet digunakan belasan ribu atlet Asian Games 2018.

"Waktu kami mendapat tanah dari Setneg (Sekretariat Negara) dari Presiden itu sudah dicantumin bahwa (lahan) ini peruntukan bukan komersial tapi sebagai rusun yang sebelum dipakai akan dipinjemin dulu buat atlet," kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (15/9/2015).

Menurut Basuki, rusun yang dibangun merupakan rusun berkonsep apartemen dan memiliki kapasitas hingga 7.200 unit. Rusun tersebut, kata Basuki, diperuntukkan bagi warga yang bekerja di Jakarta namun tidak bisa membeli rumah di ibu kota.

Dengan demikian, mereka tidak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk bolak-balik rumah serta tempat kerja.

Langkah ini, kata Basuki, juga meminimalkan kemacetan ibu kota karena kendaraan yang masuk ke Jakarta tiap hari berkurang.

"Sekarang rusun kami mirip apartemen enggak? Mirip. Kami pasang gas, furnitur, AC. Semua kalau sudah selesai, itu jadi rusun untuk kelas yang bisa bayar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per hari. Jadi untuk warga kelas-kelas berdasi," kata Basuki.

Tidak hanya di Kemayoran, kata Basuki, rusun untuk warga kelas menengah ke atas juga akan dibangun di lokasi lain. Seperti di Pasar Rumput sebanyak 2.300 unit dan Pasar Minggu sebanyak 2.300 unit.

"Jadi ada kota di tengah-tengah kota. Nanti di Blok G Tanah Abang juga ada berapa ratus unit, di Grogol juga. Jadi nanti di pusat kota, kami akan bangun banyak rusun seperti ini," kata Basuki. (Kurnia Sari Aziza)

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved