Breaking News:

Pameran Fotografi Kinez Riza Pakai Potensi Kearifan

Pameran fotografi ini ingin mendorong apresiasi karya melalui kinesiologi dan body wisdom.

istimewa
Kinez Reza (tengah). 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pameran tunggal bertajuk, Selubung Hening, yang bertempat di Salian Art Space, Bandung, digelar selama sebulan penuh, dilaksanakan hingga tanggal 4 Oktober 2015 mendatang.

Dr Hanson Barki, dari Hanara Wellbeing Center menjelaskan, fenomena ini terkait dengan pemahaman bahwa tubuh manusia sebenarnya memiliki kearifan atau kecerdasan alami, yang sering disebut dengan Body Wisdom atau Body Intelligence. 

Menurut Hanson, tubuh dapat merespon secara jujur dan tepat atas segala  stimulasi yang diterima oleh sistem sensor tubuh. 

"Dengan kata lain, sebenarnya tubuh memiliki kemampuan merawat dirinya sendiri dan mengetahui apa yang terbaik untuk dirinya. Salah satu cara untuk mengetahui respon tubuh tersebut menggunakan metode kinesiologi," katanya di Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Kinesiologi temuan Dr W Lovett dari Harvard Medical School dan dikembangkan oleh dr Goodheart dari Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an, yang merupakan sebuah metode yang menggunakan tes otot sebagai instrumen yang menerima umpan balik sinyal yang berasal dari tubuh itu sendiri. 

Mudahnya, kata Hanson, jika tubuh ‎menerima baik atau merespon secara positif terhadap stimulasi yang datang, maka “tes otot”nya akan menguat.

"Sedangkan jika stimulasi tersebut membuat tubuh menjadi tidak nyaman, maka tes ‎ototnya akan melemah," kata Hanson.

Karya Kinez saat dilakukan pengecekan dengan metode kinesiologi, direspon secara positif oleh tubuh orang yang memandangnya. 

"Artinya, tubuh menerima secara baik karya-karya Kinez," kata Hanson.‎

Namun, perlu digarisbawahi bahwa cara ini tidak mengukur atau menilai keindahan artistik dari suatu karya seni, dan tidak mengukur sejauh mana kreatifitas seseorang. 

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved