Breaking News:

Jelang Idul Adha, Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan 1.000 Sapi

Selain itu juga dikarenakan ada banyak hewan yang masuk.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sudin KPKP Lakukan Pemeriksaan Terhadap Hewan Kurban di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jaktim 
WARTA KOTA, KRAMATJATI - Pemeriksaan terhadap hewan kurban jenis sapi gencar dilakukan di Jakarta Timur. Sebanyak 1.000 sapi dari 19 lokasi yang ada, sudah dilakukan pemeriksaan.

19 lokasi penampungan hewan kurban itu tersebar di enam dari 10 kecamatan di Jakarta Timur yakni Pulogadung, Jatinegara, Makasar, Matraman, Cakung dan Duren Sawit.

Kepala Suku Dinas Kelautan, Peternakan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur, Bayu Sari Hastuti mengungkapkan bahwa dari 1.000 sapi yang diperiksa, tidak ada temuan penyakit yang membahayakan. 


Adapun beberapa sapi yang ditemui, hanya mengalami dehidrasi dan mencret saja. "Itu juga hanya satu atau dua saja dan sudah kita obati," ungkapnya, Rabu (9/9).

Bayu menjelaskan pemeriksaan hewan kurban sebenarnya baru akan dikerjakan sejak H-14 Idul Adha. Namun pihaknya mempercepat proses pemeriksaan karena untuk mencegah peredaran hewan yang berpenyakit.

"Selain itu juga dikarenakan ada banyak hewan yang masuk. Kalau tahun lalu ada 477 lokasi penampungan sementara untuk tahun ini masih didata sambil melakukan penyisiran dan pemeriksaan," katanya.

Adapun lokasi penampungan yang sudah diperiksa, akan diberikan stiker oleh Sudin KPKP. ‎Oleh sebab itu, pihaknya berharap masyarakat dapat memilih hewan yang sudah mendapat stiker. 

"Hewan yang sudah diperiksa, kesehatannya terjamin dibanding yang belum melalui proses pemeriksaan," ujarnya.
Sudin KPKP sendiri mengerahkan sebanyak 142 tenaga kesehatan untuk memantau kesehatan hewan kurban di Jakarta Timur. Selain itu Bayu menjelaskan pihaknya akan menggandeng Institut Pertanian Bandung (IPB) untuk bekerjasama.

"Pihak IPB sudah menyiapkan sebanyak 72 tenaga kesehatan untuk membantu 70 orang petugas dari Sudin KPKP Jakarta Timur dalam melakukan pengawasan," katanya.

Nantinya, secara bertahap setiap lokasi penampungan dan pemotongan hewan akan dipantau."Mulai H-1 hingga H+2, petugas kita juga memantau pemotongan hewan. Kita akan memeriksakan kesehatan dagingnya," ujar Bayu.
Tags
sapi
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved