Tips Kesehatan

Ini Dia Mitos dan Fakta tentang Gangguan Nyeri yang Perlu Anda Tahu

Terdapat berbagai mitos yang beredar di masyarakat mengenai pengobatan nyeri akut

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
istimewa
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH - Terdapat berbagai mitos yang beredar di masyarakat mengenai pengobatan nyeri akut, seperti obat anti nyeri yang dijual bebas cukup aman dikonsumsi karena tidak memerlukan resep oleh dokter, bisa menyebabkan kecanduan.

Atau obat aman mengkonsumsi obat anti nyeri yang diresepkan untuk orang lain asal gejalanya sama, aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama; dan mitos seputar nyeri lainnya.

dr. Dwi Pantja Wibowo, SpAn KIC-KMN dari RS Premier Bintaro mengatakan, mitos seputar nyeri yang berkembang selama ini perlu untuk diluruskan, agar masyarakat dapat mengerti fakta yang sebenarnya mengenai cara menggunakan obat dalam mengatasi nyeri akut.

“Sebagian orang merasa takut untuk mengkonsumsi obat anti nyeri karena mitos yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan ketergantungan (kecanduan)," katanya saat Pfizer Press Circle (PPC) di Jakarta, Selasa (8/9/2015)

Nah, inilah sejumlah mitos dan faktanya menurut dr Pantja :

Mitos : Obat-obat anti nyeri yang dijual bebas cukup aman dikonsumsi karena tidak memerlukan resep oleh dokter untuk memperolehnya.

Fakta : Setiap obat pasti memiliki efek lanjut dan efek samping. Kendati pun efek lanjut dan efek samping obat-obat yang dijual bebas tidak seberat obat-obat yang dijual di apotek dengan resep dari dokter.

Bila digunakan pada keadaan yang tidak tepat atau pada dosis dan waktu yang tidak tepat akan memberikan efek yang juga bisa fatal.

Mitos : Aman mengkonsumsi obat anti nyeri yang diresepkan untuk orang lain asal gejalanya sama.

Fakta : Gejala yang “hampir sama” tidak berarti keadaan penyakit yang sama. Dalam hal ini mengkonsumsi obat anti nyeri untuk gejala yang hampir sama bisa saja justru berbahaya sehingga harus dihindari.

Mitos : Obat anti nyeri yang dijual bebas cukup aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.
Fakta : Pemberian obat khususnya obat anti nyeri tentu memiliki tujuan selain penghilang nyeri tentu penghilang sebab nyeri.

Bila nyeri tidak berkurang untuk jangka waktu yang lama maka harus dicari penyebabnya dan diatasi.

Mitos : Parasetamol adalah obat yang aman untuk digunakan siapa pun karena tersedia untuk anak-anak dan dewasa.

Fakta : Memang parasetamol termasuk obat anti nyeri yang paling aman tetapi tidak selalu demikian.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved