Sistem e-Learning Memudahkan Proses Belajar

Adanya e-Learning dianggap akan lebih memudahkan proses belajar dan mengajar.

Sistem e-Learning Memudahkan Proses Belajar
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Illustrasi e-Learning 

WARTA KOTA, SENAYAN -- Kemajuan zaman membuat proses belajar mengajar tidak lagi hanya mengandalkan buku dan alat tulis. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas belajar online (e-Learning) seperti yang dimiliki oleh Penerbit Erlangga.

Perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan di Indonesia melalui cetakan buku-buku pelajaran ini berhasil membuat sebuah aplikasi agar belajar mengajar lebih menyenangkan, tidak membosankan, mengikuti perkembangan zaman, dan juga membuat waktu belajar menjadi lebih efektif.

Melalui laman Erlangga.com misalnya, pelajar dan guru bisa mengunduh sebuah aplikasi e-learning, yang memberikan kemudahan belajar mengajar.

Pasalnya, dalam aplikasi tersebut, siswa belajar tidak lagi menghabiskan kertas untuk media belajar.

Wisnu Chandra, Praktisi e-Learning dari Penerbit Erlangga, mengatakan semua materi mata pelajaran pokok (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS) dalam satu aplikasi yang dapat dibuka kapanpun dan di manapun.

“e-Learning itu memudahkan guru untuk memberikan bahan pembelajaran dan soal-soal ujian dan juga membantu orangtua mengontrol perkembangan belajar anak melalui akun yang tersinkronisasi dengan akun e-Learn anak,” kata Wisnu dalam acara diskusi mengenai e-Learning di pameran Indonesia International Book Fair di JCC Senayan, Kamis (2/9/2015).

Wisnu mengemukakan, dalam aplikasi e-Learning, dapat diunduh dan dipasang pada perangkat komputer atau laptop, tablet, juga ponsel pintar berbasis Android di mana e-Learning sendiri, bisa diperoleh secara langganan dengan biaya Rp 130.000 per tiga bulannya.

Meski begitu, untuk mengunduhnya di ponsel dilakukan secara gratis.

Menurutnya, di dalam aplikasi tersebut, disajikan berbagai alat pembelajaran yang menyenangkan untuk para siswa, di antaranya adalah materi dan konsep pokok pelajaran yang terdiri dari beberapa mata pelajaran, pembuat peta konsep, latihan soal mandiri, hingga pemantau perkembangan dan permainan edukasi yang menyenangkan.

Tidak hanya materi, e-Learning juga menyajikan soal-soal latihan sebanyak 60.000 butir dan terus diperbarui dengan tujuan, untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajarinya.

Halaman
123
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved