1.000 Kacamata Gratis untuk Siswa dan Guru di Cengkareng

PT Erajaya Swasembada memberikan bantuan 1.000 kacamata gratis bagi siswa dan guru di 13 SD di Cengkareng, Jakarta Barat,

1.000 Kacamata Gratis untuk Siswa dan Guru di Cengkareng
Intisari-online/i.livescience.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH-- Perusahaan retail bidang telekomunikasi, PT Erajaya Swasembada memberikan bantuan 1.000 kacamata gratis bagi siswa dan guru di 13 SD di Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (27/8/2015).

Selain itu, Erajaya juga memberikan pemeriksaan mata gratis, penyuluhan mengenai jarak ideal untuk membaca, melihat layar komputer, memainkan ponsel, serta menonton tv kepada siswa.

Selain siswa, penyuluhan juga diberikan kepada para orangtua siswa dan guru agar selalu mengingatkan anak yang mendapatkan kacamata untuk selalu memakainya dalam kegiatan sehari-harinya.

"Sebelum pembagian kacamata, kami melakukan proses screening terlebih dahulu kepada seluruh siswa dan guru agar kacamata yang kami berikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing," kata Direktur Marketing dan Komunikasi Erajaya Group Djatmiko Wardoyo, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Warta Kota, Jumat (28/8/2015) siang.

Djatmiko menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah memudahkan para siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Pasalnya, berdasarkan data Riskesdas Kemenkes 2013, tingkat prevalensi pengguna kacamata atau lensa kontak pada usia 6-14 tahun di Indonesia mencapai 1 persen. Sedangkan untuk usia 15-24 tahun dan pada usia produktif 25-34 tahun prevalensinya sudah mencapai di atas 2 persen.

Karenanya, pemeriksaan rutin perlu dilakukan untuk mengetahui potensi penyakit mata sebelum penyakit tersebut menyerang para siswa.

Data dari American Academy of Ophtalmology 2013 juga menyebutkan anak-anak berusia 7-12 tahun atau usia SD merupakan usia yang paling rentan menderita penyakit mata hingga menyebabkan kebutaan. Pada usia tersebut, pemeriksaan mata harus dilakukan minimal sekali dalam satu hingga dua tahun.

Djatmiko menjelaskan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak 2014 di Tambora, Jakarta Barat. Pihaknya menargetkan, tahun ini Erajaya bisa memberikan 2000 kacamata kepada siswa dan guru di SD yang membutuhkan.

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved