Pemkab Lebak Optimistis Wisata Budaya Baduy Bisa Mendunia

Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, optimistis wisata budaya Baduy bisa dijadikan wisata dunia karena memiliki keunikan suku terasing.

Pemkab Lebak Optimistis Wisata Budaya Baduy Bisa Mendunia
twitter/@fadjroeL
Lima orang warga Baduy dalam dengan berjalan kaki selama tiga hari tiga malam menuju Istana Negara untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi menghadiri upacara bendara dalam rangka HUT ke-70 Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2015) 

WARTA KOTA, LEBAK - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, optimistis wisata budaya Baduy bisa dijadikan wisata dunia karena memiliki keunikan suku terasing.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Lebak Oman Nurohman, Senin (24/8/2015), mengatakan keyakinan budaya Baduy bisa mendunia itu, seperti kehidupan komunitas suku Aborigin di Australia, suku Amish di Amerika Serikat, atau suku Incha di Manchu Pichu Peru.

Keberadaan suku asing itu, kata dia, kini menjadikan objek wisata dunia sehingga memberikan nilai tambah untuk peningkatan ekonomi masyarakat juga pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya kira suku Baduy itu bisa dijadikan objek wisata dunia," katanya.

Menurut dia, pihaknya wisata budaya Baduy diprogramkan menjadi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA).

Pengembangan wisata ini nantinya akan dibangun infrastruktur, penginapan dan pusat perdagangan.

Apalagi, produk-produk kerajinan suku Baduy cukup unik di antaranya aneka jenis souvenir, tas koja, golok, tenun dan gula aren.

Selama ini, objek wisata Baduy dikunjungi wisatawan mancanegara tercatat 158 orang, berasal dari Belanda, Inggris, dan Swiss.

Sebagian besar wisman itu, katanya, untuk kepentingan konservasi maupun mempelajari budaya setempat.

Sebab, katanya, keunikan masyarakat Baduy hingga kini masih mempertahankan adat istiadat dan menolak kehidupan modern.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved