Dana Hibah DKI Telat Bikin Proyek Kolam Retensi Terlambat

Berdasarkan hasil kajian dari pihak konsultan, pengerjaan proyek itu akan memakan waktu selama 12 bulan

KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi uang rupiah 

WARTA KOTA, BOGOR - Proyek pengerjaan kolam resistensi seluas 1 hektar di Kota Bogor untuk menanggulangi banjir di Jakarta diperkirakan bakal terlambat.

Penyebabnya, dana hibah dari DKI Jakarta sebesar Rp 13 miliar hingga kini belum cair.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bogor, Asep Yayat S. menjelaskan, alasan Kota Bogor belum melaksanakan. pembangunan proyek kolam retensi seluas 1 hektar di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, karena Pemprov DKI Jakarta telat mengucurkan dana hibah untuk proyek tersebut.

"Berdasarkan hasil kajian dari pihak konsultan, pengerjaan proyek itu akan memakan waktu selama 12 bulan, sementara Pemprov DKI baru mengucurkan dananya pada pertengahan tahun ini," ujar Asep Yayat, Selasa (25/8).

Sementara untuk kolam retensi di Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara seluas 1,7 hektar, hingga kini masih terkendala pembebasan lahan.

"Kalau di Ciluar memang lahannya belum selesai dibebaskan," katanya.

Kendala ini praktis menghambat pembangunan dua kolam retensi yang rencana awalnya akan dibangun tahun ini.

"Terpaksa dana hibah itu dikembalikan dan akan diajukan tahun depan, tapi dengan harapan bisa dikucurkan di awal tahun supaya proyek ini bisa dikerjakan sesuai perencanaan," ujarnya.

Asep menjelaskan, dari total nilai danah hibah yang dikucurkan Pemprov DKI sebesar Rp 13 miliar, setengahnya akan digunakan untuk membangun kolam retensi, pembuatan sumur serapan dan sumur imbuhan yang tersebar di enam kecamatan.

"Untuk penanggulangan banjir, kami hanya kebagian sekitar Rp 8 miliar. Tapi karena kendala waktu, jadi yang terserap hanya untuk pembuatan sumur resapan dan sumur imbuhan," ujarnya.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved