ITB, Jadi Kampus Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyusun klasifikasi dan pemeringkatan perguruam tinggi negeri.

ITB, Jadi Kampus Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti
Antaranews.com
Institut Teknologi Bandung (ITB)

WARTA KOTA, TANAH ABANG - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyusun klasifikasi dan pemeringkatan perguruam tinggi negeri.

Hasilnya, 11 PTN diklasifikasikan sebagai PTN terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi perguruan tinggi terbaik dengan skor 3,743. Sementara, skor maksimalnya adalah 4,00

Menurut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti Patdono Suwignjo mengatakan klasifikasi perguruan tinggi terbaik disusun berdasarkan empat kriteria.

Keempat kriteria tersebut adalah kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan kualitas penelitian dan aplikasi ilmiah.

Patdono mengatakan, data yang digunakan adalah data yang dilaporkan seluruh universitas di Indonesia di pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) dan data eksternal seperti BAN PT dan Scopus per Desember 2014.

"Data dilaporkan dari 3320 PT. Dimana, klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia disusun sebagai upaya mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan akademik dan non-akademik," katanya usai Upacara Hari Kemerdekaan Kemenristekdikti, Senin (17/8/2015).

Menurutnya, pemeringkatan juga sebagai landasan bagi kementerian untuk membina perguruan tinggi agar kualitasnya bisa meningkat.

Patdono melanjutkan, pemerintah berharap agar klasifikasi bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk merancang program-program perguruan tinggi. (Agustin Setyo Wardani)

Adapun berdasarkan data, ke 11 universitas tersebut adalah:

1. ITB dengan skor 3,743.
2. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan skor 3,690
3. Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan skor 3,490
4. Universitas Indonesia (UI) dengan skor 3,412
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan skor 3,289
6. Universitas Brawijaya dengan skor 3,217
7. Universitas Padjajaran dengan skor 3,075
8. Universitas Airlangga dengan skor 3,065
9. Universitas Sebelas Maret dengan skor 3,035
10. Universitas Diponegoro dengan skor 2,983
11. Universitas Hasanuddin dengan skor 2,978.

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved