TPA Cipeucang Hanya Sanggup Tampung Sampah Setahun Lagi

Belum over kapasitas, tapi sudah penuh sekali.

TPA Cipeucang Hanya Sanggup Tampung Sampah Setahun Lagi
Warta Kota/Banu Adikara
Sampah TPA Cipeucang Tangsel yang makin tinggi. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Kian penuhnya TPA Cipeucang oleh sampah membuat lokasi pembuangan sampah akhir di Tangsel itu terancam tidak bisa menampung sampah lagi. Jika tidak segera diperluas, TPA Cipeucang tidak akan bisa menampung sampah lagi.

Diberitakan sebelumnya oleh Warta Kota, tumpukan sampah di TPA Cipeucang, Setu, Kota Tangerang Selatan semakin menggunung. Lokasi penampungan sampah itu pun nyaris over kapasitas karena keterbatasan lahan.

Kepala UPT TPA Cipeucang, Tedi Krisna pada Selasa (4/8) mengatakan, lahan 2,5 hektar yang sudah ada sekarang memang sudah sangat penuh.

"Belum over kapasitas, tapi sudah penuh sekali. Kalau lahannya belum diperluas, mungkin tahun depan sudah nggak bisa nampung sampah lagi," katanya.

Menurut Tedi, Pemkot Tangsel sendiri sebetulnya sudah memiliki masterplan untuk TPA Cipeucang. TPA ini rencananya akan diperluas sampai 15 hektar.

"Saat ini masih proses pembebasan lahan. Saat ini sudah ada sekitar 1,5 hektar baru yang sudah dibebaskan, dan akan dijadikan lokasi landfill 2. Hanya saja lokasinya belum pas untuk dijadikan penampungan sampah. Masih lembah-lembah. Jadi total lahan yang ada sekarang ini sudah 4 hektar, tapi baru 2,5 hektar yang bisa dipakai," kata Tedi.

Menurut Tedi, jika pembenahan calon lokasi landfill 2 ini nantinya selesai, maka sampah yang menumpuk di landfill 1 nanti bisa dioper.

"Kami berharap akhir tahun sudah bisa dipergunakan, sembari kami menunggu lahan-lahan lain dibebaskan," katanya.

Penulis: z--
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved