Banjir Bekasi

Warga IKIP Bekasi Tagih Janji Pemerintah Bangun Polder

Sudah bertahun-tahun warga RW 02 Komplek Dosen IKIP, Kelurahan Jatikramat, Jatasih, Kota Bekasi menanti proyek pembuatan polder di kawasan perumahan.

Warga IKIP Bekasi Tagih Janji Pemerintah Bangun Polder
Wartakotalive/Fitriyandi Al Fajri
Ilustrasi : Komplek Dosen IKIP Jatiasih terendam hingga 150 cm pada Senin (9/2/2015) petang 

WARTA KOTA, BEKASI - Sudah bertahun-tahun warga RW 02 Komplek Dosen IKIP, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatasih, Kota Bekasi menanti proyek pembuatan kolam retensi (polder) di kawasan perumahan.

Namun hingga kini, proyek di lahan seluas 1,9 hektar itu belum juga dikerjakan. Padahal Pemerintah Kota Bekasi telah menjanjikan pembuatan polder yang diyakini bisa mengantisipasi banjir di permukiman tersebut.

Warga pun menagih, janji pemerintah yang dulu pernah diucapkan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Romin (61), warga Komplek IKIP RT 01/02, menuturkan, rencana pembuatan polder sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Rencana itu pun sudah diperkuat dengan adanya Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Wali Kota Bekasi pada 2014 lalu.

Dalam surat itu disebutkan, bahwa lahan kosong yang ada di permukiman tidak boleh digunakan selain pembuatan polder.

Romin menjelaskan, banjir pertama kali melanda permukiman pada tahun 1980-an atau tiga tahun pasca perumahan itu dibangun.

Saat itu, ketinggian air hanya mencapai 20-30 cm. Seiring waktu berjalan, beberapa daerah resapan yang ada di atas perumahan IKIP beralih fungsi menjadi permukiman.

Akibat jumlah resapan air berkurang, membuat komplek tersebut rawan mengalami banjir. "Komplek ini juga berada di dataran rendah, sehingga bila ada kiriman air, kali di dekat permukiman akan meluap," kata Romin pada Minggu (2/8).

Romin pun menilai, keberadaan kolam retensi di sana sudah sangat mendesak. Pasalnya, tiap musim hujan permukiman selalu diterjang banjir.

Agar air tidak masuk ke rumahnya, Romin terpaksa meninggikan rumahnya hingga 1,8 meter. Biayanya pun telah melebihi Rp 50 juta.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved