Libur Lebaran, Puncak Macet Parah

Libur Idul Fitri 1436 H dimanfaatkan warga untuk berlibur ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Jalur Puncak pun mengalami kemacetan cukup parah.

Libur Lebaran, Puncak Macet Parah
Libur Lebaran, jalur menuju Puncak, Bogor macet parah. 

WARTA KOTA, BOGOR-Libur Idul Fitri 1436 H dimanfaatkan warga untuk berlibur ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Akibatnya jalur Puncak mengalami kemacetan yang cukup parah.

Pantauan Wartakota, Sabtu (18/7/2015) pagi kemacetan sudah terjadi sebelum gerbang tol (GT) Ciawi. Antrean kendaraan di gerbang pembayaran itu mengular hingga 2 kilometer. Ribuan kendaraan yang terjebak kemacetan didominasi mobil pribadi pelat B

Selepas GT Ciawi, kemacetan terus mengular hingga ke pos Aju Gadog dan simpang Ciawi arah Sukabumi. Kemacetan terjadi hingga ke Tanjang Selarong, Kecamatan Megamendung.

Untuk mengurai kemacetan, Polres Bogor memberlakukan satu arah ke Puncak. Hingga pukul 11.00 WIB, polisi masih memberlakukan one way untuk kendaraan yang akan ke Puncak.

Kendati sudah diberlakukan satu arah, namun kepadatan kendaraan masih terjadi di beberapa titik, seperti di simpang Megamendung, RM Cimory, simpang Hankam dan Pasar Cisarua.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priyadji mengatakan, one way diberlakukan sejak pukul 8.30 WIB.

"Ini dilakukan karena antrean kendaraan sebelum dan selepas GT Ciawi sudah terlalu panjang," ujarnya, Sabtu.

Bramastyo mengatakan, untuk mengatur lalu lintas sepanjang jalur Puncak, pihaknya sudah mengerahkan 200 petugas yang terdiri dari 150 anggota Satlantas dibantu 50 anggota Polsek.

"Rencananya penutupn akan selesai pada pukul 11.00 WIB nanti. Dimana lebih dahulu akan dilakukan normalisasi arus, kemudia menutup kendaraan dari arah Jakarta dan membuka arus lalin dari arah Puncak menuju Jakarta. Tapi, penormalan jalur melihat situasi kepadatan kendaraan," katanya.

Agus Yulianto (43) warga Sukmajaya, Depok mengaku terjebak hampir 2 jam sebelum GT Ciawi hingga ke simpang Gadog."Kendaraan mulai bisa bergerak setelah dibuka satu jalur ke Puncak," katanya.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved