Mudik Lebaran 2015

H-4 Truk Masih Melintas di Pelabuhan Bakauheni

Hingga H-4 Idul Fitri 1436 Hijriah, ratusan truk masih melintas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Tribunnews.com
Ilustrasi : Truk kontainer parkir di Pelabuhan Merak, Banten 

WARTA KOTA, BAKAUHENI - Hingga H-4 Idul Fitri 1436 Hijriah, ratusan truk masih melintas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data Pelabuhan Merak, Banten, hingga H-4 sebanyak 747 truk golongan V hingga golongan VII menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, sedangkan di Pelabuhan Bakauheni tercatat 260 truk golongan V sampai IX masih melintas untuk menyeberang ke Jawa.

Berdasarkan pantauan di Bakauheni, Senin malam, ratusan truk, baik yang membawa sembako maupun bahan industri masih melintas meskipun cenderung mengalami penurunan yang signifikan.

Saat ini, kendaraan truk ekspedisi yang mengangkut logistik bahan pokok, sayuran, buah-buahan, kelontongan dan elektronika diperbolehkan menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

Ratusan truk masih nampak turun dari kapal-kapal yang datang dari Pelabuhan Merak Banten.

Sementara itu, arus mudik di Jalan Lintas Sumatera ruas Bakauheni-Bandarlampung semakin padat, bahkan truk pengangkut non sembako masih ramai melintasi rute utama arus mudik Sumatera-Jawa itu.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalinsum ruas Bandarlampung-Bakauheni pada Selasa pagi atau empat hari sebelum Lebaran (H-4), arus mudik dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, makin padat melintasi jalan tersebut.

Meski arus mudik mulai ramai, namun truk non sembako tetap bebas melintas sehingga menghambat kelancaran arus mudik tersebut.

Sebagian truk itu juga parkir di sisi jalan lintas Sumatera itu sehingga menimbulkan kemacetan. Banyak juga pengemudi truk yang melintas di jalan belum beraspal di sisi Jalinsum itu sehingga menimbulkan debu tebal.

Arus mudik di Jalinsum makin padat dan puncaknya diperkirakan terjadi pada H-3.

Para pemudik pengguna kendaraan pribadi berharap petugas Dishub Provinsi Lampung dan kepolisian diharapkan bertindak tegas menerapkan peraturan dengan melarang truk non sembako melintasi Jalinsum mulai H-4 sampai H+4. (Antara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved