Pemilik Rental Mobil di Medan Pasang Alat Pelacak

Jasa rental mobil menjadi pilihan, sebab dirasakan bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna.

Tribunnews.com
ILUSTRASI - 11 unit mobil rental yang digelapkan ibu rumah tangga, Irda, sudah disita dan diamankan di Mapolrestabes Makassar, Sulawesi Selatan 

WARTA KOTA, JAKARTA - Menjelang momen Idul Fitri, banyak masyarakat memilih untuk mudik ataupun pulang kampung. Ada memilih mudik dengan menggunakan transportasi umum, ada pula yang mudik dengan transportasi pribadi. Atau ada yang menggunakan rental mobil.

Jasa rental mobil menjadi pilihan, sebab dirasakan bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna.

Selain lebih mudah dibandingkan transportasi umum, mudik menggunakan mobil memiliki kelebihan lain, yaitu fleksibilitas atas destinasi, rute, waktu perjalanan, dan harga yang relatif lebih murah dari tiket pesawat serta kepastian adanya transportasi di tempat tujuan.

Tak heran, belakangan banyak pelaku usaha yang merambah bisnis ini.Namun, pelaku usaha rental tentunya harus mempersiapkan segala hal demi keamanan dan kenyamanan pengguna serta pemilik.

Seperti yang diutarakan owner Rentcar 88, Syafril ia semaksimal mungkin menyiapkan segala hal yang dibutuhkan para pelanggannya.

Termasuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain syarat peminjaman melalui administrasi oleh pelanggan, pihaknya juga mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dengan memakai alat pelacak.

"Setiap peminjaman mobil, pastinya kita layani dengan baik. Tentunya syarat ada, ya biada lah, KTP dan lainnya. Nah, kalau mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, semua mobil kami ada alat pelacaknya," ujarnya.

Menurutnya, menjelang Lebaran tahun ini pendapatan finansialnya sedikit menurun jika dibandingkan dengam tahun lalu."Tahun ini masih menurun ya, kalau tahun lalu kan banyak yang pinjam. Ada yang sampai 15 hari. Kalau tahun ini belum mungkin. Kalau dibanding waktu normal, sudah ada kenaikan sih, ada lah sekitar 10 persen,"kata Syafril.

Ia menyebutkan mobil yang masih diminati konsumen yakni, Toyota Avanza dan Innova. Menurutnya, banyak konsumen menginginkan mobil tersebut, karena kapasitasnya lebih banyak dan lebih irit BBM."Yang banyak itu Toyota Avanza dan Innova, kalau harga, ya menjelang Lebaran ini sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu lah per harinya," katanya.

Di sisi lain, pemilik rental mobil di Jalan Gatot Subroto, Syarifudin mengatakan, bisnis rental jelang Lebaran ini terasa mulai ramai. Beberapa pemilik usaha travel pun sudah mulai melakukan pemesanan."Kalau mau Lebaran begini, seminggu mau Lebaran sudah full pesanan, sudah banyak sekali yang memesan mobil untuk mudik," ujar Syarifuddin.

Ia menuturkan, mobil yang paling banyak dipesan adalah mobil-mobil jenis MPV (multi purpose vehicle). Selain irit mobil tersebut luas dan bisa membawa sekitar delapan penumpang.

"Kalau banyak yang mesan sih mobil MPV kayak mobil Avanza dan Innova gitu," tuturnya.Dijelaskannya, biasanya ia memasang tarif Rp 250 ribu hingga Rp 750 ribu per hari sesuai dengan tempat tujuannya. "Kalau harga tergantung tempat tujuannya, kalau tempat tujuannya jauh yang pastinya harganya berbeda," Syarifuddin menambahkan.

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved