Breaking News:

Kenaikan Pajak Kendaraan

Direktur Kasta: Ahok Tak Layak Naikkan Pajak Mobil

Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik minta agar Ahok terbuka kepada warga Jakarta terkait kenaikan pajak kendaraan.

Wartakotalive.com/Suprapto
Pengumuman kenaikan pajak kendaraan bermotor yang berlaku mulai 1 Juni 2015. 

WARTA KOTA, CENGKARENG-- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menaikkan Pajak Kendaan Bermotor (PKB) secara diam-diam. Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik minta agar Ahok terbuka kepada warga Jakarta.

“Saya kira mestinya Ahok terbuka, transparan, dan jelas. Kalau memang ada kenaikan pajak kendaraan, ya jauh-jauh hari disampaikan ke warga, lengkap dengan alasannya, supaya ada persiapan saat bayar pajak,” ujar Taufik saat dihubungi Jumat (10/7/2015).

Selain itu, Taufik juga mengingatkan Gubernur Ahok dan jajarannya agar memanfaatkan dana rakyat itu untuk kesejahteraan rakyat. Jangan sampai pajak naik tetapi pelayanan umum masih buruk, kualitas jalan jelek, transportasi umum buruk, dan penyerapan anggaran rendah.

“Hasil pemeriksaan BPK yang menilai anggaran DKI wajar dengan pengecualian (WDP) itu jadi catatan yang mestinya diperbaiki oleh Ahok dan jajarannya. Jangan malah marah-marah dan mengulanginya lagi,” katanya.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Eksekutif Kajian Seputar Jakarta Didi O Affandi mengatakan, Gubernur tidak pantas menaikkan pajak kendaraan bermotor jika melihat pembangunan Jakarta ini.

“Lihat saja, jalan-jalan rusak di sana sini. Angkutan umum banyak yang bobrok. Busway saja banyak yang terbakar. Penerangan jalan umum juga banyak yang mati. Jadi, pajak naik uangnya dikemanakan. Saya harap DPRD DKI memanggil Gubernur Ahok untuk dimintai tanggung jawab,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menaikkan Pajak Kendaan Bermotor (PKB) secara diam-diam. Besarannya pun sangat fantastis, yakni 30 persen mulai awal Juni 2015. Kenaikan pajak mobil Toyota Innova bisa mencapai Rp 1 juta.

Anto, warga Cengkareng, Jakarta Barat, juga mengaku kaget dengan kenaikan pajak mobil Toyota Innova yang mencapai Rp 1 juta. Mobil tahun 2013 miliknya, tahun lalu dikenai pajak Rp 3,1 juta. Tapi, tahun ini pajaknya naik menjadi Rp 4,1 juta.

Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved