Mudik Lebaran

Waduh, 7 Bus di Kota Bekasi Tidak Layak Jalan untuk Mudik

Pemilik bus harus memperbaiki dan mengurus dokumen kendaraannya agar armada tersebut bisa digunakan untuk keperluan mudik menjelang lebaran.

Waduh, 7 Bus di Kota Bekasi Tidak Layak Jalan untuk Mudik
Kompas.com
Terminal Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI - Sebanyak tujuh armada bus di Terminal Induk Kota Bekasi tidak layak jalan karena bermasalah di uji emisi dan bagian kir.

Akibatnya, pemilik bus harus memperbaiki dan mengurus dokumen kendaraannya agar armada tersebut bisa digunakan untuk keperluan mudik menjelang lebaran.

Kepala Terminal Induk Bekasi, Fathikun Ibnu mengatakan, bus yang tidak layak jalan ini diketahui saat anggota Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke terminal.

Sebanyak 10 anggota, mengecek satu per satu bus yang ada di dalam kawasan terminal. Mereka juga dibekali beberapa alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan asap knalpot bus.

Dari 25 armada yang diperiksa, sebanyak 18 armada dinyatakan lulus emisi dan kelengkapan dokumen.

Sedangkan lima armada harus ditilang karena masa berlaku kir telah habis.

Kemudian sisanya, dua armada harus menjalani perawatan karena tidak lulus uji emisi.

"Kendaraan yang tidak lulus uji emisi, karena ketebalan asapnya melebihi kadar 50 persen setelah diperiksa alat petugas," ujar Fathikun pada Kamis (2/7) siang.

Menurutnya, jumlah bus reguler yang hilir-mudik di terminal mencapai 350 unit.

Namun dia hanya mengecek 25 armada saja, karena saat dilakukan sidak hanya ada 25 unit saja. Untuk itu, pihaknya bakal rutin menggelar sidak terutama menjelang hari lebaran.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved