LSM ini Dukung Bang Yos Jadi Kepala BIN

Pencalonan mantan Gubernur DKI Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) mendapat dukungan dari LSM Komite Rakyat Untuk Keselamatan Bangsa.

Kompas.com
Letjen TNI (Purn) Sutiyoso atau yang biasa disapa Bang Yos. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Meski banyak penolakan, pencalonan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau Bang Yos menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) mendapat dukungan dari LSM Komite Rakyat Untuk Keselamatan Bangsa.

Mangapul Silalahi, Anggota Komite Rakyat untuk Keselamatan Bangsa dalam siaran persnya yang diterima, Rabu (24/6/2015) mengatakan, figur pimpinan intelijen harus memiliki kemampuan yang mumpuni baik, memiliki pengalaman intelijen dan militer yang cakap serta mampu melakukan komunikasi sengan setiap unsur-unsur dalam masyarakat.

“Pengalaman Bang Yos di militer, hingga pangkat Letjen, maupun pengalaman memimpin Ibu Kota dua periode dengan aman, merupakan modal yang cukup,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, intelejen harus memahami masalah keamanan energi dan pangan. Ia mengatakan, isu penguasaan sektor-sektor ekonomi, energi, pangan oleh negara-negara besar terhadap negara-negara yang berkembang atas sedang berkembang kian mengemuka.

“Proxy War, atau perang dengan menggunakan tangan lain baik aktor dalam negeri atau pihak lain nyata terjadi saat ini, tidak terkecuali di Indonesia. Di sisi lain, bahaya laten separatisme meski dalam skala kecil tetap menjadi ancaman, begitu juga terorisme meski banyak tokoh-tokohnya yang ditangkap atau terbunuh saat penangkapan, namun bahaya laten ini tetap ada dan harus tetap diwaspadai,” kata dia.

Ia menegaskan, pilihan Presiden Joko Widodo dengan menunjuk Sutiyoso sebagai Kepala BIN cukup tepat. Mangapul juga mendesak Komisi I DPR RI untuk segera menyetujui usulan Presiden Jokowi tersebut.

“Presiden dan DPR juga harus segera melakukan modernisasi peralatan intelijen negara. Lalu Kepala BIN yang terpilih untuk lebih fokus pada ancaman keselamatan bangsa dari luar dan dalam negeri,” tuturnya.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved