Minggu Depan, 30 Unit KRL dari Jepang Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Kedatangan ini diharapkan dapat menambah kemampuan sejumlah unit rangkaian KRL di lima rute perjalanan yang ada.

Editor:
Warta Kota/adhy kelana
ILUSTRASI - PT. KAI Commuter Jabodetabek kembali mendatangkan 40 rangkaian kereta dari Jepang dan tiba di plabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Sabtu (12/7). Unit tersebut merupakan KRL seri 205 yang dibeli dari operator KRL JR East di Jepang. Tampak satu persatu gerbong diturunkan di dermaga 3 Tanjung Priuk. 

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK - Secara berkala mulai Juni - September 2015 medatang, PT Kereta Commuter line Jakarta (KCJ) bakal mendatangkan 120 unit kereta rel listrik (krl) dari Jepang. Tahap pertama, sebanyak 30 unit KRL akan hadir minggu depan, Senin (29/06), di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kedatangan ini diharapkan dapat menambah kemampuan sejumlah unit rangkaian KRL di lima rute perjalanan yang ada. Untuk tahap awalnya, akan ada 30 unit KRL di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Senin (29/06) mendatang," ucap Direktur Utama PT KCJ, M N Fadhila saat dikonfirmasi awak media, Selasa (23/06).

Adanya tambahan unit KRL, jelas Fadhila, membuat perjalanan KRL di lima rute menjadi bertambah. Yakni sebanyak 102 dari total perjalanan sebelumnya sebesar 880 perjalanan setiap harinya.

Menurut dia kembali, adanya hal itu akan membuat perjalanan KRL semakin padat. Selain menambah unit kereta hingga membuat layanan angkut KRL menjadi 1,2 juta perhari, dengan unit KRL sebanyak 1450 unit pada tahun 2019.

"Jarak hateway (antar kereta) menjadi 5-7 menit pada jam sibuk. Serta 10 menit pada siang hari. Ini juga kami akan gencar melakukan perbaikan dan pelayanan KRL mulai dari metode perawatan sarana, penyediaan suku cadang, dan perbaikan KRL," paparnya.

Ia mengaku, metode penurunan gangguan, pihaknya akan menggencarkan mulai dari tahun 2014. Ia menjelaskan, sebanyak 46,61 persen dan akan meningkat di tahun 2015 sebanyak 58,9 persen.

Eva Chairunisa, selaku Manager Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek pun menjelaskan, sejak tiga bulan lalu peningkatan masyarakat akan KRL cukup dirasakan oleh pihaknya.

"Itu terbukti pada Senin (15/06) lalu. Jumlah penumpang KRL-nya mengalami rekor tertinggi dalam okupansi penumpang, yakni 914.840 dalam sehari," akuinya.

Sesuai data yang didapat, kata Eva, hingga kini selama tiga bulan tersebut, tercatat rata-rata penumpang KRL telah melebih dari target yang ditentukan oleh pihaknya.

"Pada bulan April lalu, KCJ menargetkan 688.909 perhari, dan  mampu menembus 705.689,7 perhari dengan okupansi tertinggi 818.773 penumpang.

Ia kembali menjelaskan, kondisi itupun mampu dipertahankan pihaknya, pada bulan Mei.
Pihaknya menargetkan sebanyak 685.257 dengan realisasi rata-rata perhari 715.371,5, dengan nilai tertinggi 830.954.

"Sedangkan untuk bulan Juni, hingga hari kemarin, dari target 707.056, okupansi KRL tiap hari mampu mencapai angka rata-rata sebesar 736.189,4 dengan angka tertinggi mencapai 914.840 penumpang. Dari catatan kami pun terlihat, maraknya penumpang kebanyakan terlihat terjadi pada hari senin. Serta, angka terendah penumpang KRL terjadi pada hari weekend, yakni Sabtu dan Minggu," papar Eva.

Demi pelayanan menjadi maksimal, kata Eva, sejak Selasa (16/06), khusus untuk Lintas Duri-Tangerang, sebanyak tiga stasiun yakni Stasiun Grogol, Stasiun Taman Kota, dan Stasiun Tanah Tinggi resmi beroperasi kembali.

Meskipun baru genap satu minggu, KCJ mencatat rata-rata penumpang yang menggunakan kereta di tiga stasiun itu cukup baik.

"Hal itu terlihat di Stasiun Grogol yang mencapai 1325 orang per hari, Stasiun Tanah Tunggi 1.093 orang per hari, dan Stasiun Taman Kota sebanyak 650 orang per hari," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Humas Daop I PT KAI, Bambang S Prayitno mengaku berharap dibukanya kembali stasiun tersebut akan dapat dirasakan oleh masyarakat yang ingin melakukan mudik.

"Baik itu secara lokal baik dari tiga stasiun tersebut maupun yang sebaliknya," singkatnya. (Panji Baskhara Ramadhan)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved