Breaking News:

Ayo Lari Lintas Alam di Gunung Manglayang !

Para penggemar lari trail atau lari lintas alam mendapat tantangan untuk menikmati trek Gunung Manglayang di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung.

id.wikipedia.org
Gunung Manglayang dilihat dari Bandung. Gunung ini akan menjadi ajang acara Manglayang Trail Running yang digelar Palawa Unpad, 22 Agustus 2015 mendatang. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Para penggemar lari trail atau lari lintas alam mendapat tantangan untuk menikmati trek Gunung Manglayang yang terletak di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung, Jawa Barat. Mereka diajak untuk berlari di hajatan “Manglayang Trail Running” yang akan digelar Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Palawa Universitas Padjadjaran, 22 Agustusmendatang.

Gunung Manglayang yang berada di “halaman” kampus Unpad Jatinangor tersebut, masih satu rangkaian dengan Gunung Burangrang-Tangkuban Parahu serta Bukit Tunggul. Walaupun ketinggiannya hanya 1.818 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung ini memiliki pemandangan yang indah.

Salah seorang anggota panitia Manglayang Trail Running Ami Kadar Saragih mengatakan, para penggemar lari trail bisa mendaftarkan diri secara online melalui situs http://manglayangtrailrunning.com. Mereka bisa memilih dua kategori yang disediakan, yakni kategori 21 Kilometer dan 10 Kilometer.

“Para penggiatlari trail dapatmenikmati trek yang disiapkandengannyamandanaman,” kata Ami, yang juga salah seorang pendaki perempuan yang tergabung dalam Equatorial Peaks for Lupus (E4L).

Dengan dua puncak, Puncak Manglayang dan Puncak Bayangan, gunung ini elok dipandang dari bawah. Dari ketinggian Manglayang kita bisa melihat indahnya pemandangan kota Bandung, Sumedang, dan wilayah sekitarnya.

Untuk mendaki Gunung Manglayang, para penggiat alam bebas bisa memulai dari beberapa jalur seperti Bumi Perkemahan atau Wanawisata Situs Batu Kuda (Kab. Bandung), Palintang (Ujung Berung, Kab. Bandung), dan Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor.

Manglayang Trail Running akan mengambil lintasan dari Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor ke arah BaruBeureum, melalui Bumi Perkemahan Kiara Payung. Trek berupa punggungan yang menantang.

Gunung Manglayang terletak di antara Bandung dan Sumedang. Gunung ini terlihat cantik menawan dari arah kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Untuk mencapainya sangat mudah, hanya sekitar 20 menit saja dari Bandung melalui jalan tol Padaleunyi. Peserta bisa mencapainya langsung dari Bandung maupun dari Jakarta melalui jalan tol tersebut, atau melalui jalan arteri lewat Ujung Berung.

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved