Breaking News:

Headline Warta Kota

Sarmunah Melahirkan di Gerbong 8

"Ibu ini akan melahirkan...tolong... tolong...," teriak penumpang lain saat melihat Sarmunah berdarah di kakinya

istimewa
Bayi yang dilahirkan Sarmunah di gerbong 8 KRL Commuter Line, Senin (9/6/2015) 

WARTA KOTA, PALMERAH - Sarmunah Istianah (29), ibu rumah tangga warga Petojo, Jakarta Pusat, pada Senin (8/6) pagi bersusah payah naik KRL dari Stasiun Tangerang.

Baru saja duduk di kereta beberapa saat di gerbong 8 khusus perempuan, Sarmunah merintih kesakitan.

Penumpang KRL yang kebetulan sama-sama perempuan pun terkejut melihat darah memembasahi kaki Sarmunah. "Ibu ini akan melahirkan...tolong... tolong...," teriak penumpang lain.

Beberapa orang kemudian membuka jaket lalu meletakannya di lantai kereta. Sementara kereta terus berjalan, sejumlah penumpang dan petugas KA membaringkan Iis (panggilan Sarmunah) beralaskan jaket.

Darah pun mengalir karena sudah pecah ketuban. Suasana di gerbong kereta menjadi tegang.

Erangan Iis semakin membuat para penumpang menjadi lebih tegang. "Tenang-tenang ayo kita bantu sebisa mungkin," ucap salah seorang penumpang kepada penumpang lain.

Dipandu oleh seorang penumpang, bayi mungil keluar dari mulut rahim Iis. "Ayo Bu mengejan pelan-pelan. Dikit lagi Bu," kata penumpang.

Beberapa saat kemudian, para penumpang mengucap Alhamdulillah karena bayi yang dikandung Iis sudah lahir dengan selamat.

Salah seorang penumpang tak merasa jijik menggendong bayi yang masih berlumur darah itu.

Persalinan darurat pun belangsung di kereta. Tepat pukul 09.00 buah hati Iis yang berjenis kelamin perempuan lahir dengan selamat.

"Sarmunah melahirkan di KRL Commuter Line jurusan Tangerang-Duri. Dia tidak mengetahui akan melahiran secepat itu," ujar Kepala Stasiun Duri, Badrus kepada Warta Kota saat ditemui di kantornya, Senin (8/6) siang.

"Karena tiketnya jurusan Tangerang-Tanah Abang, ia harus transit dulu di Stasiun Duri jika mau melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tanah Abang," kata Badrus. (Harian Warta Kota)

Baca selengkapnya di Harian Warta Kota edisi, Selasa (9/6/2015)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved