SBMPTN 2015

Peserta SBMPTN Difabel Langsung Peluk Menristekdikti

Salah satu peserta difabel SBMPTN memeluk Menristekdikti saat masuk ke dalam ruang ujian di Fakultas Hukum UI

Peserta SBMPTN Difabel Langsung Peluk Menristekdikti
Agustin Setyo Wardani
Menristekdikti Mohamad Nasir (tengah) didampingi Ketua Panitia SBMPTN Rochmat Wahab, dan Direktur Pembelajaraan dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Illah Sailah meninjau pelaksanaan SBMPTN bagi penyandang disabilitas di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (9/6/2015) pagi. 

WARTA KOTA, DEPOK - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang berprinsip non diskriminasi mengakomodir peserta penyandang difabel.

Selasa (9/6/2015) pagi, seluruh peserta ujian mengerjakan tes sesuai dengan pilihan jurusan masing-masing, termasuk juga sebanyak 287 peserta penyandang difabel.

Tujuh di antaranya mengerjakan soal tes di salah satu ruangan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI).

Bahkan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyempatkan diri mengunjungi para peserta tersebut.

Begitu datang, Nasir yang baru memberi salam kepada para peserta langsung disambut oleh salah satu anak.

Siswa bernama Ibnu Barisha, yang merupakan siswa tunadaksa, langsung memeluk Nasir begitu pria berpakaian batik itu menyapanya.

Kepada Nasir, Ibnu yang bersekolah di SMAN 5 Sumur Batu, Jakarta Pusat, itu bercerita kesulitannya. "Saya hendak masuk UI pak karena saya sempat menang lomba OSN tingkat nasional untuk bidang Bahasa Inggris," katanya.

Namun, Ibnu melanjutkan, dirinya gagal masuk pada jalur SNMPTN. Karenanya, ia mengikuti jalur SBMPTN.

"Saya inginnya masuk ke UI, tetapi dengan kondisi saya seperti ini, saya takut nanti kesulitan di UI, makanya saya pilih UNJ," kata Ibnu yang mengenakan kursi roda sembari memperlihatkan sejumlah sertifikat prestasinya.

Nasir pun mengatakan, jika ingin menggunakan jalur prestasi, pendaftaran sudah ditutup. Sementara jika ingin menggunakan jalur ujian mandiri (UM) UI, pendaftaran juga sudah ditutup.

Halaman
12
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved