Siang ini, Ribuan Mahasiswa Akan Demo di Depan Istana

Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam HMI berencana akan melakukan unjuk rasa di depan istana negara siang ini.

Siang ini, Ribuan Mahasiswa Akan Demo di Depan Istana
Tribunnews.com
Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, terendam banjir pada Rabu (5/2/2014) pagi. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu (20/5), ribuan mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa berencana akan melakukan unjuk rasa di depan istana negara siang ini.

Para mahasiswa meminta tiga hal kepada Presiden Joko Widodo untuk perubahan Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Arief Rosyid mengatakan, ketiga hal tersebut antara lain, stabilitas politik nasional dan hukum, ekonomi rakyat serta menggandeng pemuda dalam kebijakan strategis pemerintah.

Unjuk rasa yang diikuti oleh sebanyak 700 orang anggota HMI yang berasal dari wilayah Jabodetabek itu dikatakannya, akan bergerak untuk memenuhi Istana Negara dan gedung Mahkamah Agung pada sekira pukul 12.00.

"Bersama, kita akan penuhi Istana Negara, PB HMI mengimbau seluruh kader di Indonesia untuk turun ke jalan, menuntut pemerintahan yang tidak pro rakyat," jelasnya.

Ditemui bersamaan, Ketua Umum HMI Cabang Jakarta Pusat, Zikrillah mengatakan, seluruh kader HMI akan berkumpul di utara Jalan Diponegoro dan masih menunggu kedatangan elemen mahasiswa lainnya untuk berunjuk rasa.

"Kita masih tunggu, karena memang dijadwalkan baru akan bergerak jam 12 siang. Mari kita turun ke jalan, lakukan perubahan," jelasnya bersemangat.

Seiring dengan keterangan keduanya, suasana pada beberapa titik lokasi yang dijadikan sebagai pusat orasi, yakni Bundaran Hotel Indonesia (HI), Istana Negara dan Mahkamah Agung (MA) hingga pukul 10.00  masih belum terlihat adanya aksi unjuk rasa.

Para demonstran yang berasal dari berbagai universitas dan perhimpunan mahasiswa hanya terlihat bergerumul dan mempersiapkan ornamen demonstrasi pada ketiga lokasi.

Sementara itu, walau aksi unjuk rasa belum kunjung digelar, ribuan anggota Kepolisian berpelindung tameng dan helm terlihat masih berjaga pada setiap simpang sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Utara.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved