Ujian Nasional 2015

Besok 153.266 Pelajar SD DKI Ikuti Ujian Nasional

Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia pada 18 Mei, Matematika pada 19 Mei, dan Ilmu Pengetahuan Alam pada 20 Mei.

Besok 153.266 Pelajar SD DKI Ikuti Ujian Nasional
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Persiapan ujian nasional tingkat Sekolah Dasar 
WARTA KOTA, BALAIKOTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta, siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Dasar dan sederajat, pada 18 Mei hingga 20 Mei 2015.
Jumlah siswa yang siap menghadapi UN yaitu sebanyak 153.266 orang dari 3.244 sekolah.
Dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia pada 18 Mei, Matematika pada 19 Mei, dan Ilmu Pengetahuan Alam pada 20 Mei. 
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan agar para siswa siap menghadapi UN tersebut.
"Salah satunya, pendalaman materi sesuai pulang sekolah sampai diadakannya tryout, telah kami lakukan. Tak hanya itu, selain dari segi materi, mental mereka jugaa sudah disiapkan. Kami rasa, para siswa di SD sudah siap menghadapi UN pada besok Senin," kata Arie, Minggu (17/5/2015).
Untuk pendsitribusiannya sendiri, Arie mengatakan, bahwa akan dikawal ketat oleh aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya.
Pihaknya, telah melakukan kerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya dengan menurunkan puluhan personil.
"Nantinya, di tingkat rayon, pengamanan dokumen soal UN akan dikawal oleh Polres masing-masing wilayah, sebanyak jumlah sub rayon. Dimana, setiap rayon akan dikawal oleh satu orang polisi. Artinya, dari enam rayon SD akan dikawal enam petugas polisi," kata Arie.
Kemudian, untuk penjagaan naskah di tingkat sub rayon, masing-masing dari 26 sub rayon akan dijaga oleh dua polisi. Artinya akan ada 52 polisi yang menjaga 52 sub rayon SD di Jakarta," kata Arie.
Tak hanya itu, Arie menambahkan, bahwa pengiriman naskah soal ke Kepulauanseribu pun akan menurunkan tiga petugas polisi untuk melakukan pengawalan.
"Kami jamin tidak ada kebocoran soal. Sampai saat ini pun, kami belum pernah mendengar kebocoran soal UN di tingkat SD, SMP, maupun SMA," katanya.
Distribusi
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto, mengatakan, bahwa untuk per wilayah, jumlah siswa SD yang siap mengikuti UN yaitu, di Jakarta Pusat sebanyak 13.655 siswa, Jakarta Utara 21.562 siswa, Jakarta Barat 30.956 siswa, Jakarta Selatan 30.932 siswa, Jakarta Timur 43.178 siswa, dan Kepulauan Seribu 411 siswa. 
"Untuk untuk MI (Madrasah Ibtidaiyah), di Jakarta Pusat 314 siswa,  Jakarta Utara 1.968 siswa, Jakarta Barat 3.049 siswa, Jakarta Selatan 3.750 siswa, Jakarta Timur 3.271 siswa, dan Kepulauan Seribu sebanyak 78 siswa," kata Bowo.
Sedangkan, untuk jumlah sekolah yang akan menyelenggarakan UN, yaitu SD terdapat 2.769 sekolah dengan jumlah siswa 140.704 orang, lalu MI ada 456 sekolah dengan jumlah siswa 12.430 orang, dan SD Luar Biasa (SD LB).
"Nantinya, dalam pelaksanaan UN SD, kami masih akan melakukan secara paper based test. Pemindaian lembar jawaban akan dilakukan oleh Tim Pemindai Dinas Pendidikan DKI," katanya.
Sementara, untuk percetakan naskah soal, dilakukan di Kudus, Jawa Tengah, oleh Percetakan Pura Barutama. 
Yang akan didistribusika ke lima titik distribusi yang telah ditentukan. Yaitu SDN Menteng 03 untuk wilayah Jakarta Pusat, SDS Jubilee untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, SDS Al Azhar 1 Kebayoran Baru untuk wilayah Jakarta Selatan, SDS Sevilla untuk wilayah Jakarta Timur dan SDS Notre Dame untuk wilayah Jakarta Barat. Dari kelima titik distribusi (rayon), naskah akan didistribusikan ke sub rayon.
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved