Liga Spanyol

Real Madrid Jadi Klub Paling Kaya

Dilaporkan, Real Madrid sanggup mengalahkan kekayaan Barcelona dan Manchester United.

Real Madrid Jadi Klub Paling Kaya
Warta Kota/AFP
Real Madrid. 

WARTA KOTA, NEW YORK CITY - Juara Eropa Real Madrid dinobatkan sebagai klub sepak bola terkaya sejagat untuk kali ketiga secara berturut-turut versi Forbes, majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil poling yang dipublikasikan, Rabu waktu setempat atau Kamis (7/5) waktu Indonesia, Real sanggup mengalahkan kekayaan Barcelona dan Manchester United.

Nilai klub Ibu Kota Spanyol itu memang turun sekira lima persen menjadi 3,26 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau senilai Rp 42,8 triliun.

Namun, pendapatan Real yang mencapai 746 juta dolar AS adalah yang tertinggi dari tim olahraga manapun di dunia.

Forbes menyatakan kondisi itu sudah cukup untuk menempatkan Real di puncak klub terkaya dunia. Sedangkan Barcelona, Manchester United (MU), juara Bundesliga Jerman Bayern Muenchen, dan Manchester City menyusul di posisi lima besar.

Forbes juga memaparkan, meningkatnya pemasukan dari televisi dan sponsor jersey membantu untuk mendorong nilai rata-rata klub yang masuk 20 besar.

Bahkan, angka kenaikannya mencapai 84 persen dibandingkan lima tahun yang lalu.

Yang mengagumkan, dari 20 tim terkaya versi Forbes delapan diantaranya berasal dari kompetisi Liga Inggris.

Bukan tidak mungkin klub-klub itu bisa mendobrak ke urutan lima besar karena peningkatan kesepakatan hak siar televisi yang kian menguntungkan mulai musim 2016-17.

Bale dijual?
Terkait kondisi internal tim, gelandang serang Gareth Bale dirumorkan segera dijual. Media-media di Spanyol ramai mengkritik performa Bale, terutama pascakalah 1-2 di Juventus pada semifinal pertama Liga Champions, Rabu (6/5).

Bale memegang rekor transfer termahal dunia saat diangkut dari Tottenham Hotspur, 1 September 2013.

“Saya berharap dia tetap bertahan bersama kami,” ujar mantan Presiden Real, Ramon Calderon kepada Radio Wales Sport. (eko)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved