Hari Buruh

Penutupan Ruas Jalan ke Jalan Jend Sudirman Sudah Dimulai

Pemprov DKI dan Polda Metro akan melaksanakan car free day sepanjang Sudirman hingga Istana Merdeka, Jumat (1/5/2015)

Penutupan Ruas Jalan ke Jalan Jend Sudirman Sudah Dimulai
Twitter Radio Elshinta
Pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Jend Sudirman pada Jumat (1/5/2015) 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan melaksanakan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Negara dalam rangka memperingati hari buruh 1 Mei. Akibatnya, kendaraan pun tidak dapat melintas di kawasan tersebut.

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Warsinem, mengatakan, kepolisian akan membuat rekayasa lalu lintas yang menuju kawasan car free day pada Jumat (1/5/2015) ini.

"Akan dialihkan ke jalan-jalan alternatif," kata dia saat dihubungi.

Penutupan, kata dia, akan dilakukan dari lampu merah CSW hingga Harmoni. Sehingga kendaraan-kendaraan yang akan melintas ke sana dialihkan.

Warsinem menjelaskan, pengalihannya hampir dengan car free day yang diadakan setiap hari Minggu. Bedanya, jam penutupan lebih panjang dan kawasan penutupan lebih luas.

Car free day pada hari buruh akan dilakukan sejak pukul 06.00-13.00, bukan seperti minggu-minggu biasa yakni hanya diselenggarakan pukul 06.00-11.00.

Unjuk rasa puluh ribuan buruh juga akan berlangsung di depan Istana, sehingga membuat arus kendaraan yang akan memasuki kawasan tersebut dialihkan.

Penutupan juga akan dilakukan di Harmoni yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara. Arus kendaraan dari jalan Medan Merdeka Timur yang hendak masuk ke Jalan Medan Merdeka Utara, akan dihentikan. Kendaraan akan diminta mengarah ke Lapangan Banteng.

Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Medan Merdeka barat, juga akan dihentikan. Begitu juga arus kendaraan dari arah Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Gajah Mada, juga akan terhenti apabila massa di Istana Negara begitu membludak.

Selain menggelar aksi di ruas jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, hingga Jalan Medan Merdeka, untuk titik aksi lainnya seperti gedung DPR RI dan kantor Kemenakertrans, di Jalan Gatot Subroto, penutupan lalu lintas situasional.

Warsinem menjelaskan, misalnya di depan kantor Kemenakertrans kendaraan dari Kuningan diluruskan ke Mampang. Begitu juga dari Semanggi akan dibelokan ke Mampang atau ke Kuningan.

Kepolisian sendiri telah menyiapkan 14.404 personel untuk pengamanan hari buruh. Pasukan terdiri dari 5.217 personel dari Polda Metro Jaya, 6.689 personel dari Polres, 1.597 personel dari Mabes Polri, 300 personel dari Mabes TNI, dan 601 personel dari Pemda. (Unoviana Kartika)

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved