Hari Buruh

Buruh Kabupaten Tangerang Tolak PHK dan Lembur Gratis

Saat ini sudah ada 132 buruh yang hendak di PHK. Hal ini jelas tidak benar. Kami menolak hal tersebut, ujar Koswara.

Buruh Kabupaten Tangerang Tolak PHK dan Lembur Gratis
Warta Kota/Banu Adikara
Buruh berdemonstrasi di depan gedung Pemkab Tangerang, Tigaraksa, Jumat (1/5). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Ribuan buruh yang tergabung dalam Aliasi Rakyat Tangerang Raya (Altar) masih berdemonstrasi di depan gedung Pemkab Tangerang, Tigaraksa dalam rangka May Day pada Jumat (1/5) petang.

Koordinator aksi dari massa Aliasi Rakyat Tangerang Raya (Altar) Koswara menuturkan bahwa dalam aksi yang mereka lakukan, salah satu poin yang mereka tuntut adalah soal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan pengusaha terhadap buruh-buruh yang membentuk serikat pekerja.

"Saat ini sudah ada 132 buruh yang hendak di PHK. Hal ini jelas tidak benar. Kami menolak hal tersebut," ujar Koswara.

Lebih lanjut, Koswara mengatakan, pihaknya juga menentang keras kebijakan lembur tanpa bayaran yang diterapkan sejumlah perusahaan di Kabupaten Tangerang.

"Kebijakan seperti itu jelas merugikan kami. Bayangkan, upah kami sebagai buruh saja belum layak, lalu buruh yang lembur digratiskan," ujar Koswara.

Secara keseluruhan, selain dua poin diatas, Koswara mengatakan bahwa pihaknya juga menuntut beberapa poin lain, seperti menghapus sistem kontrak, permintaan penambahan lapangan kerja yang layak, menolak kenaikan BBM dan tarif dasar listrik, adanya jaminan kesehatan buruh, serta menasionalisasikan aset tambang dan migas dari pihak asing. (Banu Adikara)

Penulis: z--
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved