Hari Buruh Dunia

Batu Akik Jadi Hadiah dari Buruh kepada Gubernur Jatim

Hadiah akik juga diberikan kepada Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Anas Yusuf dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko.

Batu Akik Jadi Hadiah dari Buruh kepada Gubernur Jatim
Kompas.com
Akik pemberian buruh kepada Forum Pimpinan Daerah Jawa Timur. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Buruh tidak saja meminta hadiah spesial saat peringatan May Day, Jumat (1/5/2015). Mereka juga memberi hadiah spesial kepada kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo berupa batu akik

Hadiah akik juga diberikan kepada Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Anas Yusuf dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko. 

Hadiah itu diberikan perwakilan buruh saat mereka menyampaikan tuntutan di kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya. 

"Pemberian hadiah batu akik itu sebagai simbol bahwa buruh bersama pemerintah sama-sama berjuang untuk membuat hidup rakyat Jatim lebih sejahtera," kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Timur, Sunandar. 

Untuk Soekarwo, jenis batu akik yang dihadiahkan adalah Relaxa asal Ternate. Sementara untuk Anas Yusuf, cincin batu akik jenis Kalimaya Lumut asal Pangandaran, Jawa Barat. 

Sedangkan Pangdam mendapatkan cicin batu akik jenis Army Bacan asal Watampone, Sulawesi Selatan. 

Dalam aksinya, ribuan buruh yang berasal dari kawasan ring I industri Jatim, seperti Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya, itu mengajukan 18 tuntutan. Di antaranya, mereka meminta dihapuskan sistem kerja outsourcing, mendesak pemerintah membubarkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), dan meringankan iuran BPJS untuk buruh. 

Soekarwo menerima semua tuntutan buruh itu dan berupaya untuk memfasilitasinya, termasuk menerima usulan pembuatan peraturan daerah Jatim tentang kesejahteraan pekerja.

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved