Hari Buruh

Polres Siagakan 746 Personel Kawal Buruh Depok ke Jakarta

Polresta Depok menyiagakan 746 personel gabungan untuk mengamankan Hari Buruh Internasional atau May Day, 1 Mei 2015 mendatang di Kota Depok.

Polres Siagakan 746 Personel Kawal Buruh Depok ke Jakarta
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Ilustrasi : Puluhan ribu buruh dari berbagai kalangan berjalan kaki memperingati hari buruh internasional atau Mayday di Kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (1/5/2012). 

WARTA KOTA, DEPOK - Polresta Depok menyiagakan 746 personel gabungan untuk mengamankan Hari Buruh Internasional atau May Day, 1 Mei 2015 mendatang di Kota Depok.

Selain itu personel yang disiagakan juga akan turut mengawal pergerakan ribuan buruh Kota Depok yang bergerak ke Jakarta pada Jumat (1/5/2015) mendatang.

Kapolresta Depok Kombes Ahmad Subarkah menuturkan ke 746 personel gabungan yang disiagakan mengamankan May Day di Depok ini berasal dari Polresta Depok, TNI, Dishub Depok, dan Satpol PP Depok.

"Kami akan mengawal ribuan buruh dari Depok yang bergerak ke Jakarta," kata Kombes Ahmad Subarkah usai apel pasukan pengamanan May Day, di Balai Kota Depok, Rabu (29/4/2015).

Menurut Kombes Ahmad Subarkah, rencana pengawalan tersebut sudah dikoordinasikan pihaknya dengan para pimpinan serikat dan federasi buruh di Kota Depok.

"Kami sudah berkoordinasi dengan para buruh mulai dari serikat pekerja juga Apindo," kata Kombes Ahmad Subarkah.

Karenanya kata Ahmad diharapkan perayaan May Day di Depok serta pengawalan buruh Depok yang begerak ke Jakarta akan berlangsung aman.

Menurut Kombes Ahmad Subarkah, diperkirakan ada sekitar 1600 buruh asal Depok yang akan bergerak ke Jakarta untuk turut merayakan May Day.

"Kami akan lakukan pengawalan kepada para buruh asal Depok ini mulai dari mereka berangkat sampai mereka kembali," kata Kombes Ahmad Subarkah.

Kombes Ahmad Subarkah menjelaskan, ada 15 titik yang menjadi pemantauan aksi buruh oleh pihaknya, mulai dari sepanjang Jalan Raya Bogor, Jalan Juanda serta Jalan Margonda.

"Karenanya kami juga akan berpatroli di sepanjang tiitk kumpul para buruh," kata Kombes Ahmad Subarkah.

Sebab, kata Kombes Ahmad Subarkah, mereka mengantisipasi aksi buruh yang merugikan pengendara seperti pemblokiran jalan umum dan tol, sweeping, serta aksi massa yang bertindak anarkis.

"Kami akan tindak aksi yang anarkis serta aksi-aksi yang merugikan masyarakat banyak," kata Kombes Ahmad Subarkah.

Namun Kombes Ahmad Subarkah yakin aksi anarkis serta aksi lain yang merugika masyarakat tidak terjadi di Depok.

"Sebab kami sudah berkoordinasi dengan para buruh dan sudah mengimbau mereka agar merayakan aksi dengan tertib dan aman," ujar Kombes Ahmad Subarkah.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved