Utang IMF Belum Lunas Sebesar Tiga Miliar Dollar AS

Pada 2009, muncul lagi utang sebesar tiga miliar dollar AS dan masih bertahan sampai saat ini.

Utang IMF Belum Lunas Sebesar Tiga Miliar Dollar AS
Kompas.com
Ilustrasi. Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata membahas proses transisi kepemimpinan, di Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan bahwa posisi utang luar negeri Indonesia terkait Dana Moneter Internasional (IMF) sudah selesai pada 2006. Namun, pada 2009, muncul lagi utang sebesar 3 miliar dollar AS dan masih bertahan sampai saat ini.

Andi mengungkapkan itu dengan merujuk pada statistik utang luar negeri Indonesia dari Kementerian Keuangan. Posisi terakhir utang luar negeri Indonesia sampai November 2014 masih menyisakan 2,9 miliar dollar AS.

"Kita tidak memiliki utang dengan IMF, tetapi muncul lagi tahun 2009, besarnya 3 miliar dollar, terus ada sampai hari ini," kata Andi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Andi membenarkan pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang mengatakan utang Indonesia kepada IMF telah selesai pada 2006. Namun, ia juga berusaha membela Presiden Joko Widodo yang menyatakan Indonesia masih berutang kepada IMF dengan merujuk statistik utang luar negeri Indonesia kepada IMF dan Asian Development Bank yang muncul pada 2009.

"Tetapi, saya tidak tahu (utang) itu untuk apa. Silakan ditanya Kemenkeu atau BI," ujarnya. (Baca: Jokowi: IMF, Bank Dunia, dan ADB Tak Memberi Solusi)

Andi menambahkan, perencanaan pembayaran utang selalu tertera dalam APBN. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengkritik pernyataan Presiden Joko Widodo yang disebutnya salah terkait dengan Dana Moneter Internasional (IMF). Melalui akun Twitter-nya, @SBYudhoyono, Yudhoyono menyatakan, dia terpaksa mengoreksi pernyataan Jokowi mengenai IMF karena Indonesia sudah melunasi ke lembaga tersebut.

"Sejak 2006, Indonesia tidak jadi pasien IMF. Tidak lagi didikte IMF. Kita merdeka & berdaulat utk merancang pembangunan ekonomi kita," tulis SBY dalam tweet-nya.

Dia menyatakan bahwa Indonesia telah melunasi semua utang ke IMF yang keseluruhannya senilai 9,1 miliar dollar AS. SBY menyebutkan, pembayaran terakhir dilakukan pada 2006, atau empat tahun lebih cepat dari jadwal.

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved