Breaking News:

Pemprov DKI Tambah Enam Lajur Uji KIR

Pemprov DKI Jakarta akan menambah enam lajur untuk pengujian KIR kendaraan.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/fitriyandi al fajri
Ratusan mobil truk trailer dan boks memadati Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Wilayah Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis (7/8/2014) pagi. 

WARTA KOTA, CAKUNG -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah sebanyak 6 lajur pada tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau uji KIR, tahun ini.

Pasalnya, saat ini, tiga tempat uji KIR sudah mengalami kekurangan karena kapasitas tidak memadai.

Pantauan Warta Kota, di PKB Ujung Menteng, Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur, setiap dini hari, kerap sudah dipenuhi kendaraan yang hendak uji KIR.

Kendaraan tersebut biasanya berupa truk, mobil box, maupun mobil pick up.

Puluhan kendaraan sudah mengantri di sepanjang jalan menuju pintu masuk uji KIR, dengan memarkirkan badan jalan.

Padahal, tempat uji kir sendiri baru buka pada pukul 07.00. Akibatnya, kendaraan yang diparkirkan di badan jalan itu, yang menjadi penyebab kemacetan arus lalu lintas yang melintas dari arah Pulogadung menuju Bekasi.

Sekretaris Dinas perhubungan DKI Jakarta, Anton Parura mengatakan, saat ini, sebanyak tiga tempat PKB mengalami kelebihan kapasitas kendaraan, sehingga memang kerap menjadi penyebab antrian kendaraan yang akan mengikuti uji KIR tersebut.

"Memang, setelah dua tempat PKB, Kedaung Cengkareng, Jakarta Barat dan Jagakarsa, Jakarta Selatan tidak diaktifkan sejak 2014 lalu, memiliki imbas," kata Anton, usai rapat dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD DKI, Selasa (28/4/2015).

Akibatnya, lanjut Anton, tiga tempat PKB yaitu di Pulogadung, Jakarta Timu, lalu Cilincing, Jakarta Utara, dan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, kerap mengalami kelebihan permintaan melebihi kapasitas.

"Memang, sesuai fakta, tiga tempat PKB itu overload. Rencananya tahun ini akan kami tambah lajur dan memperbaiki alatnya di PKB Jagakarsa," kata Anton.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved