Pakai Kereta Api Jakarta - Bandara Soetta Hanya 1 Jam

Stasiun yang akan dibangun untuk kereta bandara melalui rute stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru

Penulis: | Editor:
Antaranews.com
Bantalan kereta Bandara Soekarno Hatta 

GAMBIR, WARTA KOTA -- Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito menegaskan nantinya dengan kereta api menuju Bandara Soekarno Hatta, hanya memakan waktu satu jam.

Stasiun yang akan dibangun untuk kereta bandara melalui rute stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta

"Estimasi waktu 50 sampai 60 menit," ujar Kurniadi di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Saat ini PT KAI (persero) sudah selesai melakukan pembebasan lahan untuk stasiun Manggarai. Total jarak yang dilintasi adalah sepanjang 36,3 km yang terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru.

"Pembebasan lahannya kecil kok, nanti stasiun yang baru ada di Sudirman baru dekat hotel Shangrila," jelas Kurniadi.

Kurniadi memaparkan pihak PT Railink telah memesan 10 rangkaian kereta (trainset) dengan pihak konsorsium Bombardier-PT INKA (Persero) untuk KA Bandara Soekarno Hatta ini. Dalam 1 rangkaian kereta akan terdiri dari 6 gerbong.

"Kapasitasnya untuk 272 tempat duduk," papar Kurniadi.

Sebelumnya diberitakan total investasi untuk KA bandara Soekarno Hatta sebesar Rp 2,5 triliun. Saat ini PT KAI mendapat pinjaman 4 sindikasi bank yakni BRI, BNI, BCA dan Bank Mandiri. Dengan pinjaman Rp1,4 triliun, PT KAI berhasil menyelesaikan pendanaan 85 persen dari seluruh total investasi. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved