Tips Sehat

Waspada, Wasir Timbul Karena Kelamaan Duduk

Kalau duduk sudah terasa panas, dan pegel sudah saatnya berdiri dulu, untuk menghindari wasir

Penulis: | Editor: Dian Anditya Mutiara
istimewa
ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH - Adanya faktor genetik dan gaya hidup menjadi faktor risiko seseorang terkena wasir atau ambein. Selain pola makan, terlalu banyak duduk juga bisa meningkatkan risiko terkena wasir.

"Kalau duduk sudah terasa panas, dan pegel sudah saatnya berdiri dulu, untuk menghindari wasir,” kata dokter Panondang Panggabean SpB saat bicara tentang wasir di Rumah Wasir, Jatiasih belum lama ini.

Saat terlalu lama duduk, pembuluh darah di anus akan terisi darah. Pergerakan darahnya lambat dan terkumpul di pembuluh darah sehingga pembuluh darah membengkak. Lama kelamaan pembuluh darah tersebut bisa keluar dan terjadilah wasir. Terlebih adanya faktor genetik yang memang pembuluh darahnya tidak elastis.

Selain banyak duduk, gaya hidup harus dijaga. Diantaranya konsumsi cukup air dan serat, kurangi makanan pedas dan junkfood yang rendah serat, serta Buang Air Besar (BAB) rutin.

Kurangnya serat di dalam makanan akan membuat feses keras. Ditambah lagi kurang minum. Feses keras akan membuat pembuluh darah membengkak dan lama kelamaan meradang.

Begitu juga jika terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas ini akan mengiritasi pembuluh darah sehingga meradang dan bengkak lalu membesar.

Selain itu, makanan yang mengandung alkohol seperti tape juga bisa menimbulkan iritasi pada mukosa saluran cerna.

Rendam di Air Hangat
Ketika wasir atau ambein kambuh, pembuluh darah di anus bisa meradang, membengkak hingga menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri bisa diatasi dengan merendam bokong di air hangat.

Merendam bokong dengan air hangat bisa membuat otot di area anus rileks sehingga pembuluh darah yang membengkak bisa mengempes.

Wasir

Apalagi ditambahkan cairan antiseptik. Rendam selama 15-30 menit. Penggunaan antiseptik ini, untuk membersihkan kuman-kuman di sekitar anus.

Merendam bisa dilakukan dua kali sehari. Pagi hari dan malam sebelum tidur. Jika tidak ada bath tub, bisa gunakan baskom besar atau ember untuk merendam bokong.

Pada wasir dengan derajat 1 dan 2 di mana pembuluh darah yang keluar dari lubang anus masih bisa kembali masuk, prosedur merendam seperti ini bisa membantu pembuluh darah masuk kembali. Namun ini meredakan rasa nyeri akibat perdangan sementara saja.

Melakukan pola hidup sehat, membuat kekambuhan pada wasir derajat 1 dan 2 bisa berkurang. Segera lakukan operasi jika nyeri berulang.

“Ini sifatnya sementara saja. Tapi sangat membantu untuk meredakan nyeri. Tapi kalau memang sudah parah ya harus dioperasi,” kata dokter Panondang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved